Korean Food Tren di Indonesia, WBI Tetap Konsisten Lestarikan Budaya dan Kuliner Nusantara 

Novie Fauziah
Sabtu 30 Juli 2022 22:26 WIB
Korean Food Tren di Indonesia, WBI Tetap Konsisten Lestarikan Budaya dan Kuliner Nusantara 
Nia Kurnia sebut WBI konsisten menjaga warisan budaya nusantara. (Foto: celebrities.id/Novie Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Anggota Warisan Budaya Indonesia (WBI) bidang Pameran, Nia Kurnia mengatakan, banyaknya kuliner dari luar negeri, seperti Korean, Japanese atau Chinese food yang masuk ke Indonesia, membuat pihaknya untuk tetap semangat melestarikan makanan khas Nusantara.

Menurutnya, dalam hal ini anak-anak muda sangat berperan penting dalam melestarikan budaya, terutama makanan dari Indonesia. Agar budaya dari luar tidak kian mendominasi, sehingga khawatir ada pergeseran pengetahuan terhadap budaya sendiri.

"Di sini kami sangat menjaga, agar makanan khas Indonesia agar terus dinikmati . Lalu anak-anak muda juga tetap mengetahui makanan tradisional dari Indonesia," katanya saat ditemui di pameran Jaga Warisan Nusantara (Jagantara), SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (30/07/2022).

Oleh karena itu, dengan adanya event Jagantara ini, berharap bahwa budaya dan kuliner khas Indonesia tetap terjaga. Di tengah-tengah serbuan budaya asing yang perlahan masuk ke Nusantara.

WBI sendiri terus konsisten agar kebudayaan Indonesia tetap dilestarikan, bukan hanya oleh pihaknya saja, tapi juga seluruh masyarakat. Guna generasi berikutnya juga akan tetap ikut melestarikannya.

"Kami konsen terhadap pelaku budaya-budaya di Indonesia, untuk terus semangat membuat atau memproduksi karya - karya. Agar terus, karena karya-karya budaya itu sangat berpengaruh terhadap ekonomi kita," tuturnya.

Sementara itu, Jagantara merupakan ruang bagi masyarakat untuk memiliki kepedulian bersama akan berharganya kekayaan budaya Indonesia. Terlebih, di era modern seperti sekarang ini yang tanpa disadari berbagai unsur budaya termasuk kesenian dan adat istiadat perlahan terkikis dan tergantikan oleh unsur budaya luar.

Hadirnya Jagantara juga diharapkan bisa membangun rasa cinta pada bangsa Indonesia, khususnya bagi kaum muda, dan diharapkan dapat terus mendukung keberadaan pelaku budaya di negeri ini. Tidak hanya itu, Jagantara juga diharapkan bisa menjadi ruang bagi mereka yang mau berkarya.

Acara yang berlangsung dari 29 Juli hingga 21 Agustus 2022 di Ashta District 8, Jakarta Selatan, ini coba memanjakan masyarakat dengan berbagai kegiatan mulai dari wastra Nusantara, kuliner, sinema, kerajinan tangan, dan interior, serta berbagai kegiatan lainnya bertemakan anak muda.

Editor : Hadits Abdillah