Kritik Sastra dan Esai: Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri

Icon CameraBertold Ananda
Kamis 24 November 2022 11:18 WIB
Kritik Sastra dan Esai: Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri
Pengertian kritik sastra dan esai. (Foto: Pixabay/StockSnap)

JAKARTA, celebrities.id - Kritik sastra dan esai diperlukan dalam sebuah karya sastra untuk menganalisa dan menilai suatu karya secara objektif. 

Dalam penulisan suatu karya sastra tentu tidak luput dari kelebihan maupun kekurangan yang berimbas pada sebuah kritikan. Untuk itu, perlu adanya kritik supaya menghasilkan tulisan yang lebih baik dan sempurna. 

Ada baiknya kamu juga memahami terlebih dahulu mengenai pengertian kritik sastra dan esai beserta jenis dan ciri-cirinya. Dengan begitu kamu nantinya bisa memberikan kritik dan penilaian secara objektif dan benar. 

Berikut celebrities.id merangkum dari beberapa sumber terkait pengertian kritik sastra dan esai, Kamis (24/11/2022).

Pengertian Kritik Sastra dan Esai

Kritik sastra merupakan sebuah analisis yang membahas, mengamati dan menilai baik dan buruk suatu karya sastra secara objektif. Secara sederhana kritik sastra memiliki persamaan dengan resensi namun perbedaannya adalah kritik sastra bersifat ilmiah karena isi dan bentuk peristiwanya patut dikritik dan dipertimbangkan.

Sementara kritik esai adalah penilaian sebuah karangan singkat yang membahas masalah secara subjektif  tergantung dari sudut pandang penulisnya.

Jenis Kritik Sastra dan Esai

Kritik sastra dan esai rupanya terbagi atas beberapa jenis. Apa saja kira-kira? Berikut penjelasannya

1. Kritik Sastra

  • Kritik sastra ekstrinsik, analisis karya sastra yang didasari dengan unsur ekstrinsiknya. Umumnya jenis kritik sastra satu ini membahas tentang psikologi, pendidikan, sosial, sejarah dan lain-lain.
  • Kritik sastra intrinsik, jenis kritik sastra yang menilai suatu karya dari kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam suatu karya.
  • Kritik sastra deduktif, jenis kritikan yang berprinsip teguh pada suatu ukuran yang dipercayainya.
  • Kritik induktif, yaitu menganalisis karya sastra dengan cara melepaskan semua hukum aturan yang berlaku.
  • Kritik teknis, suatu jenis sastra yang dibuat dengan tujuan tertentu.
 

1
/
2