Kuliner Nasi Minyak Viral dan Digemari Masyarakat, Begini Saran Ahli Gizi

Icon CameraKevi Laras
Jumat 20 Januari 2023 11:18 WIB
Kuliner Nasi Minyak Viral dan Digemari Masyarakat, Begini Saran Ahli Gizi
Kuliner nasi minyak viral dan digemari masyarakat. (Foto:celebrities.id/ TikTok)

JAKARTA, celebrities.id - Nasi minyak belakangan menjadi sorotan usai cuitan yang menunjukkan nasi berkuah minyak jelantah viral di Twitter.

Makanan tersebut disukai, tentu tidak lepas dari kegemaran masyarakat yang umumnya menyukai makanan berminyak. 

Ahli gizi dan Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Hardinsyah, MS. PhD menjelaskan tidak ada yang salah dengan makanan yang menggunakan minyak. Namun, dia mengimbau agar tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Istilah nasi minyak, menurutnya memang tidak lepas dari lemak karena menggunakan minyak goreng. Prof Hardin juga mengingatkan bagaimana tata cara masak nasi berlemak dengan benar. 

"Kalau nasi lemak seperti yang di Malaysia di daerah Melayu saya namanya juga nasi lemak karena dia berminyak atau di Jawa namanya kan nasi uduk karena itu juga tradisional. Makan nasi uduk pakai telur coba dilihat itu caranya benar gitu, jadi sekarang masalahnya si pada jumlahnya gitu tidak menyalakan, kecuali cara membuatnya yang enggak benar, kemudian cara makannya enggak benar (berlebihan)," kata Prof Hardin Keterangan Pers Hari Gizi Nasional secara online, Jumat (20/1/2023).

Menurutnya nasi minyak yang dimaksud juga nasi lemak, bukan berarti nasi yang dituangkan minyak jelantah. Sebagaimana diketahui, minyak jelantah tidak layak dikonsumsi dan bisa berefek buruk pada kesehatan.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2