Kulit Anda Berminyak? Kenali 4 Penyebabnya 

Novie Fauziah
Sabtu 27 Maret 2021 23:32 WIB
Jenis kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. (Foto: celebrities.id/ Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Jenis kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebih. Sebum dihasilkan secara alami oleh kelenjar minyak atau kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit.

Meski sebum berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit, tapi kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat, dan membuat kulit rentan mengalami jerawat. Sementara, tingginya produksi sebum dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, perubahan hormon, atau stres.

Jenis kulit wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori besar, terlihat berkilau namun kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam.

Lalu apa faktor yang menyebabkan kulit jadi semakin berminyak? Dikutip dari laman Times of India, ini penyebabnya.

1. Kurang minum
Kurang minum air putih dapat memicu kulit Anda menjadi semakin berminyak, lho. Hal ini disebabkan minimnya hidrasi yang berasal dari mineral, sehingga jumlah sebumnya semakin meningkat.

Oleh karenanya, Anda harus memperbanyak minum air putih agar kulit tetap terhidrasi dan produksi minyak menjadi berkurang.

 

1
/
2