Kunci Digital Apple Bakal Hadir di Mobil Hyundai Tahun Ini, Dinamai Fitur CarKey

Intan Afika Nuur Aziizah
Senin 17 Januari 2022 23:05 WIB
Kunci Digital Apple Bakal Hadir di Mobil Hyundai Tahun Ini, Dinamai Fitur CarKey
Kunci mobil digital ini memungkinkan pengguna membuka kunci dan menyalakan kendaraan menggunakan aplikasi Wallet iPhone. (Foto: The Verge)

JAKARTA, celebrities.id - Hyundai dilaporkan akan menambahkan dukungan untuk fitur kunci mobil digital Apple. Kunci mobil digital ini memungkinkan pengguna membuka kunci dan menyalakan kendaraan yang kompatibel menggunakan aplikasi Wallet iPhone.

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, fitur yang disebut "CarKey" akan hadir ke jajaran Genesis Hyundai musim panas ini.

Hyundai sendiri sudah menawarkan aplikasi iOS berpemilik, termasuk MyHyundai dengan Bluelink dan Genesis Intelligent Assistant yang mencakup kemampuan untuk memulai dari jarak jauh, atau membuka kunci pintu kendaraan yang kompatibel.

Tetapi menambahkan dukungan untuk penerapan fitur kunci digital Apple akan membuat fungsionalitas lebih mulus dan mendapat manfaat dari  Apple Wallet, demikian dilansir dari The Verge, Senin (17/1/2022).

Apple pertama kali mengumumkan fitur kunci mobil digitalnya pada tahun 2020. Tetapi, sejauh ini hanya tersedia pada model BMW tertentu.

Kunci mobil digital ini itu akan datang ke mobil Hyundai setidaknya sudah ada sejak Januari 2021 ketika Business Korea melaporkan rencana tersebut, dan referensi untuk mobil Genesis Hyundai juga telah ditemukan dalam kode iOS 15.

Laporan Bloomberg tidak merinci apakah Hyundai berencana menggunakan teknologi ultra wideband (UWB) iPhone terbaru, yang memungkinkan pemilik membuka kunci mobil tanpa harus mengeluarkan ponsel dari saku, atau hanya menggunakan NFC saja.

Apple dan Hyundai sebelumnya dikabarkan sedang berdiskusi untuk memproduksi mobil listrik bersama. Hyundai kemudian mengecilkan rumor ini, dan mengatakan tidak lagi dalam pembicaraan dengan produsen iPhone.

Editor : Mohammad Saifulloh