Kunci Mendidik Anak agar Memiliki Kepribadian Baik, Berdoa dan Salehkan Diri

Laras Dwi Sasmita
Selasa 11 Januari 2022 22:12 WIB
Kunci Mendidik Anak agar Memiliki Kepribadian Baik, Berdoa dan Salehkan Diri
Mendidik anak untuk menjadi saleh yakni salehkan diri kita terlebih dahulu. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Anak merupakan amanah Allah SWT yang dititipkan kepada manusia yang dikehendakinya. Dalam tausiah Ustadz Hilman Fauzi dan Kang Rashied menjelaskan kunci menjadikan anak memiliki kepribadian baik. 

Kang Rashied mengungkapkan bahwa setiap anak dapat memiliki kepribadian yang baik ataupun buruk tergantung pada pengajaran yang diterapkan oleh orangtua. Maka menurutnya dalam mendidik anak para orangtua dapat mencontoh ajaran Rasulullah SAW. 

"Setiap anak yang lahir membawa karakternya masing-masing. Pernah cucu Nabi Sayyidina Hasan dan Sayyidina Husain mereka lebih lincah sampai saat Nabi sujud diduduki Nabi sedang salat. Nabi membiarkan itu sampai mereka puas kemudian pindah. Itu bagian dari sedekah orangtua," ujar Kang Rashied dikutip dari Kanal YouTube MNCTV Official, pada Rabu (12/1/2022). 

"Figur teladan rumah tangga kepada Rasulullah SAW. Kanjeng Nabi SAW lebih suka mengatakan bahwa anak itu tergantung bibitnya," ujarnya. 

Senada Ustadz Himan Fauzi mengatakan bahwa kepribadian anak tidak akan jauh dari orangtuanya, maka sebagai orangtua harus sering mengevaluasi diri agar dapat memberikan contoh yang baik bagi anak. Tak lupa juga diiringi doa memohon kepada Allah SWT untuk senantiasa melindungi sang anak dari lingkungan buruk. 

"Kemampuan sebagai orangtua ada batasnya, tapi rahmat dan karunia Allah tidak ada batasnya. Pesan saya adalah doakan anak, kadang kita sebagai orangtua menuntut anak menjadi baik tapi kita enggak pernah evaluasi diri, apa kita baik atau tidak. Maka kata guru saya, salehkan diri sebelum salehkan anak," kata Ustadz Hilman Fauzi.

Editor : Hadits Abdillah