Kunjungan Wisatawan ke Taman Nasional Komodo Bakal Dibatasi, Biaya Konservasi Dikaji

Ravie Wardani
Senin 27 Juni 2022 17:42 WIB
Kunjungan Wisatawan ke Taman Nasional Komodo Bakal Dibatasi, Biaya Konservasi Dikaji
Kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo bakal dibatasi. (Foto: celebrities.id/ Ravie Wardani)

JAKARTA, celebrities.id - Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi Pulau Komodo, Pulau Pasar dan Kawasan Perairan Sekitaranya, Carolina Noge, menegaskan pihaknya bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan akademisi, sedang meninjau pelaksanaan pembatasan wisatawan Taman Nasional Komodo.

Lalu pihaknya juga masih menghitung terkait biaya yang dibutuhkan bagi wisatawan untuk bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo.

"Untuk biaya konservasi Taman Nasional Komodo dari setiap adanya kunjungan berkisar antara Rp2,9 juta sampai Rp5,8 juta. Kita masih hitung berapa komponen biaya yang akan dibebani kepada setiap orang untuk biaya konservasi tersebut," kata Carolina,  di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (27/6/2022).

Dalam kebijakan tersebut, KLHK dan pihak pemerintah provinsi telah membuat nota kesepahaman yang memuat sejumlah poin penting di dalamnya.

Adapun poin yang tertera diantaranya mengenai penguatan kelembagan, peningkatan kemampuan SDM, penguatan fungsi perlindungan dan pengamanan, peningkatan kapasitas masyarakat peduli api, peningkatan sarana dan prasarana, pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan wisata alam.

 

1
/
2