Aldabra Kura-Kura Paling Mahal di Indonesia, Harganya Capai Miliaran Rupiah

Nurul Amanah
Kamis 22 September 2022 23:17 WIB
Aldabra Kura-Kura Paling Mahal di Indonesia, Harganya Capai Miliaran Rupiah
Kura-Kura Paling Mahal di Indonesia. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kura-kura paling mahal di Indonesia kerap menjadi pertanyaan masyarakat. Biasanya kura-kura yang umum dipelihara memiliki harga terjangkau, namun ada beberapa jenis kura-kura yang justru berharga fantastis.

Kura-kura seringkali menjadi hewan peliharaan karena bentuknya yang menggemaskan. Namun siapa sangka, hewan bertempurung yang dikenal bergerak sangat lambat ini ada yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah!  

Kura-Kura Paling Mahal di Indonesia

Kura-kura yang harganya fantastis ini bernama kura-kura Aldabra. Diketahui memang kura-kura Aldabra merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Di Indonesia, kolektor kura-kura jenis ini ternyata bisa dengan mudah Anda jumpai karena tak hanya satu orang, tersebar di beberapa daerah. Aldabra yang dimiliki para kolektor pun ada beberapa jenis, yang populer Aldabra Gigantea dan yang cukup jarang dimiliki adalah Aldabra Arnoldi.

Di Medan, ada pemilik Aldabra bernama Hendra dengan berat sekitar 80 kg dan panjang 80cm. Aldabra milik Hendra ini yang termahalnya dibanderol seharga Rp600juta! Sama seperti kolektor lain, Hendra juga memiliki beberapa jenis kura-kura selain Aldabra. Lain pula di Serpong. Kebanyakan Aldabra disini tak dijual oleh pemiliknya, Jonathan.

Terutama yang terbesar dan berumur puluhan tahun. Beberapa kura-kura yang berukuran kecil pun dipatok harga 120-175 juta rupiah! Yang paling fantastis, datang dari Jakarta Timur. Ia adalah kolektor bernama Daniel Roseeno, pemilik King Deigo si kura-kura Aldabra yang harganya sekarang mencapai Rp2,5 miliar. Kura-kura yang langsung ditangkap di alam liar tersebut diimpor langsung dari Seychelles, Afrika Timur.

Salah satu faktor yang membuat King Diego berharga fantastis adalah bentuk tempurungnya yang hitam sempurna dan beratnya mencapai 150kg. Tertarik memiliki kura-kura bertempurung hitam ini? Anda perlu merogoh kocek cukup dalam tapi menurut para kolektor, ini menjadi worth it karena tak sekedar memelihara dan sebagai kolektor tapi dapat dijadikan ladang investasi.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra