Lewis Hamilton Raih Podium GP Prancis 2022, Sempat Dehidrasi hingga Turun Berat Badan

Maulana Yusuf
Senin 25 Juli 2022 06:50 WIB
Lewis Hamilton Raih Podium GP Prancis 2022, Sempat Dehidrasi hingga Turun Berat Badan
Lewis Hamilton raih podium kedua F1 GP Perancis, sempat dehidrasi dan turun berat badan. (Foto: celebrities.id/Isntagram @lewishamilton)

LE CASTELLET, celebrities.idPembalap Mercedes, Lewis Hamilton berhasil naik podium kedua pada balapan F1 GP Prancis 2022. Meski begitu, pembalap asal Inggris tersebut mengaku berat badannya turun tiga kilogram karena botol minumannya sempat tidak berfungsi saat balapan.

Seperti diketahui, podium pertama F1 GP Prancis berhasil diraih oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen. Dia keluar sebagai yang tercepat dan berhasil mengasapi Hamilton. Balapan tersebut berlangsung di Sirkuit Paul Ricard, Minggu (24/7/2022) malam.

Verstappen sukses mengasapi Hamilton. Sementara itu, pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc harus gagal finis (DNF) lantaran mengalami kecelakaan yang krusial dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Leclerc sebetulnya mengendalikan fase awal balapan dari pole. Namun, ia tersingkir dari balapan setelah kehilangan kendali atas mobil Ferrari-nya dan menabrak pembatas di tikungan 11 pada akhir Lap 17 atau sebelum lap 18. 

Alhasil, Verstappen yang sukses meraih podium teratas. Hamilton pun membuntutinya di podium kedua. Selepas balapan, Hamilton mengungkapkan botol minuman di mobil Mercedes F1-nya yang sempat tidak berfungsi.

Juara dunia tujuh kali itu pun merasa dehidrasi lantaran tidak bisa minum. Sehingga, sulit bagi Hamilton untuk meraih podium teratas yang dihuni oleh Verstappen.

“Cuaca luar biasa yang kami alami, dan itu adalah balapan yang sulit karena botol minuman saya tidak berfungsi,” ujar Hamilton, dilansir dari Crash, Senin (25/7/2022).

“Tapi hasil yang luar biasa, mengingat kami sudah sangat jauh dari para pesaing ini sepanjang akhir pekan," tuturnya.

Meskipun, Hamilton mengakui bahwa dirinya jarang minum saat balapan berlangsung. Pasalnya, dia kerap lupa lantaran fokus pada lintasan.

“Jika saya benar-benar jujur, saya sangat jarang minum selama balapan, saya sering lupa. Saya banyak terhidrasi sebelum balapan," ujar Hamilton.

“Pada lap 20, hal itu tidak berhasil dan saya benar-benar bisa melakukannya dengan minum. Saya belum mencobanya begitu lama jadi mungkin sudah lama tidak berhasil. Mungkin airnya menguap, siapa tahu!" katanya.

"Tapi itu bukan masalah besar, untungnya setelah itu saya bisa minum," ucap Hamilton.

Bahkan, pembalap Mercedes itu memperkirakan bahwa dia kehilangan sekitar tiga kilogram selama balapan. Meskipun, dia masih menduga hal tersebut.

“Saya tidak melihat berat badan saya sekarang, tetapi saya akan membayangkan (saya kehilangan) mungkin sekitar tiga kilogram. Jadi, ya, sudah cukup. Saya tak sabar untuk menenggak sisa minuman ini," tutur dia.

Editor : Lisvi Padlilah