LG Beli Startup Otomotif Keamanan Siber, Fokus ke Teknologi Baterai Mobil Listrik

Bertold Ananda
Minggu 26 September 2021 07:06 WIB
LG Beli Startup Otomotif Keamanan Siber, Fokus ke Teknologi Baterai Mobil Listrik
LG Beli Startup Otomotif Keamanan Siber, Fokus ke Teknologi Baterai Mobil Listrik. (Foto: Carscoops)

JAKARTA, celebrities.id - LG Electronic terus maju di bidang otomotif dengan membeli perusahaan startup otomotif keamanan siber asal Israel yakni Cybellum

Klien Cybellum saat ini, termasuk Jaguar Land Rover dan Nissan, sementara mitra termasuk Harman, Toyota Tsusho, dan PTC.
 
Menurut sebuah laporan yang dilansir Carscoops, Sabtu (25/09/2021), oleh TechCrunch, negosiasi dan kesepakatan itu datang dalam beberapa bagian. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu mengakuisisi sebanyak 64 persen saham di Cybellum serta menghabiskan dana sebesar 140 juta dolar AS atau sekira Rp1,9 triliun untuk total saham keseluruhan yang dibeli.
 
Selain itu, pihak perusahaan juga akan melaksanakan teken kontrak tambahan dengan menghabiskan suntikan dana sebesar 20 juta dolar AS atau Rp285 miliar. Saham yang tersisa akan dibeli di masa depan.
 
Pabrikan elektronik Korea ini telah dikaitkan erat dengan perangkat keras otomotif. LG Chem telah dikenal dengan kemajuannya dalam teknologi baterai. Pabrikan mobil seperti GM dan Tesla juga menjadi pemasok dari bahan baku baterai penggeraknya.
 
Perusahaan elektronik ini juga telah menjalin kemitraan dengan Magna International Inc yang bermarkas di Kanada. Usaha patungan e-Powertrain ini menyatukan motor listrik, inverter, dan pengisi daya onboard ke dalam satu poros elektronik. 
 
Tetapi investasi di perusahaan yang berbasis di Tel Aviv menandakan ambisi LG yang lebih luas untuk ruang otomotif, dikarenakan bergerak dalam menyediakan solusi perangkat lunak serta opsi perangkat keras. 
 
Untuk itu, sistem keamanan siber dan mobil menjadi sangat terkait, karena peningkatan layanan yang terhubung menghasilkan ancaman yang lebih signifikan dari serangan berbahaya.

Editor : Hadits Abdillah