Libur Hari Raya Imlek, Masyarakat Berbondong-bondong Nikmati Air Terjun Singokromo 

Icon CameraMukhtar Bagus
Senin 23 Januari 2023 08:17 WIB
Libur Hari Raya Imlek, Masyarakat Berbondong-bondong Nikmati Air Terjun Singokromo 
Masyarakat berbondong-bondong nikmati air terjun Singokromo. (Foto: celebrities.id/iNews TV)

NGANJUK, celebrities.id - Libur panjang Hari Raya Imlek banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat dengan pergi ke tempat-tempat wisata. Salah satu obyek wisata yang dikunjungi saat libur panjang seperti sekarang adalah air terjun Singokromo di Lereng Gunung Wilis, Nganjuk, Jawa Timur.

Selain bisa menikmati pesona alam pegunungan, di air terjun Singokromo pengunjung juga bisa langsung menikmati segarnya mandi di bawah guyuran air terjun yang mengalir dari ketinggian 40 meter.
 
Air terjun Singokromo merupakan salah satu dari tujuh deretan air terjun yang ada di Lereng Gunung Wilis. Lokasinya berada di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.
 
Berbeda dengan air terjun Sedudo yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter, ketinggian air terjun Singokromo hanya sekitar 40 meter saja.
 
Selain itu, kolam di bawah air terjun juga tidak terlalu dalam, hanya sekitar satu hingga 1,5 meter, sehingga sangat aman untuk mandi atau berenang.
 
Sesuai dengan namanya, Singo yang berarti harimau dan kromo yang berarti kawin. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, dulu tempat ini adalah tempat berkumpulnya kawanan harimau saat musim kawin.

 

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, kini kawanan hewan buas tersebut sudah tidak ada lagi sehingga air terjun Singokromo aman dikunjungi wisatawan.
 
Lokasi air terjun Singokromo berada sangat indah. Air yang mengalir dari puncak Gunung Wilis ini juga sangat dingin dan sejuk sehingga bisa menjadi hipnoterapi alami bagi anda yang ingin menghilangkan rasa lelah dan penat dari aktifitas sehari-hari.
 
Selain itu, lokasinya yang berada di dalam kawasan hutan lindung juga akan membawa anda pada suasana hutan belantara, tanpa ada deru motor atau asap knalpot.

"Keindahan alaminya emang alami. Aku suka dan sangat tertarik," ucap Yuni, salah satu pengunjung dikutip dari iNews TV, Senin (23/1/2023).
 
Meski kondisi air terjun masih tergolong perawan, tapi oleh warga desa Ngliman kawasan wisata air terjun Singokromo ini sudah dilakukan pengelolaan secara profesional.
 
Untuk menarik minat wisatawan, pengelola menyediakan spot-spot foto keren dengan latar air terjun Singokromo yang indah.

"Ikon kita adalah air terjun dan tidak terlalu tinggi, sehingga pengunjung merasa aman," ucap Dafa, pengelolah wisata air terjun Singokromo.

Editor : Endang Oktaviyanti

Follow Berita Celebrities di Google News