Libur Lebaran, 154 Ribu Wisatawan Banjiri Destinasi Wisata Gunungkidul 

Erfan Erlin
Kamis 05 Mei 2022 12:50 WIB
 Libur Lebaran, 154 Ribu Wisatawan Banjiri Destinasi Wisata Gunungkidul 
Wisatawan banjiri destinasi wisata di Gunungkidul, diprediksi mencapai ratusan orang. (Foto: Erfan Erlin/MNC)

GUNUNGKIDUL, celebrities.id - Gunungkidul dibanjiri wisatawan di libur Lebaran tahun ini. Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Gunungkidul terlihat macet total. Bahkan, jalur utama Wonosari-Yogyakarta merayap tujuh kilometer.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Arif Aldian menuturkan jumlah kunjungan di libur Lebaran cukup bagus. Pasalnya, kunjungan wisatawan di libur Lebaran naik 100 persen lebih dibanding dengan hari sebelumnya.

Pihaknya mencatat jumlah kunjungan mencapai 48.364 orang. Padahal, sehari sebelumnya atau hari H+2 jumlah kunjungannya mencapai 21.736 orang dan pada H+1 mencapai 5 ribu orang.

"Kita proyeksikan pada libur lebaran ini pengunjung mencapai 154 ribu orang," tuturnya, Kamis (5/5/2022).

Jumlah tersebut sebenarnya belum mencapai 75 persen dari kapasitas obyek wisata diperkenankan pemerintah pusat berkaitan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Arif Aldian mengungkapkan kapasitas secara keseluruhan obyek wisata di Gunungkidul sebanyak 261.092 orang. Dengan garis pantai sepanjang 73 kilometer ini sebenarnya kapasitas pengunjung sulit untuk dihitung.

"Jadi kunjungan hari ini tidak mencapai 30 persen dari 75 persen kapasitas yang diperkenankan," katanya.

Arif Aldian memprediksi puncak kunjungan ke Gunungkidul terjadi Jumat (6/5/2022). Pasalnya sudah mulai masuk awal arus balik sehingga memanfaatkan untuk berlibur di hari terakhir.

Dirinya mengakui terjadi kemacetan di berbagai ruas jalan di Gunungkidul. Namun menurutnya volume kendaraan tidak identik dengan kapasitas jumlah wisatawan di destinasi. Kemacetan terjadi akibat volume parkir terbatas.

Jalan Wonosari-Baron terpantau padat kendaraan. Situasi padat ini terjadi dari dua arah sekaligus terutama di sejumlah titik dan kemacetan mewarnai jalur utama Wonosari-Yogyakarta.

 

1
/
2