7 Liga dan Kompetisi Sepak Bola di Dunia Paling Bergengsi

Michael Julius Figun
Senin 17 Januari 2022 14:32 WIB
 7 Liga dan Kompetisi Sepak Bola di Dunia Paling Bergengsi
Sepak bola menjadi salah satu olahraga dengan penggemar terbanyak di dunia. (celebrities.id/Twitter Barca Universal)

JAKARTA, celebrities.id - Sepak bola menjadi salah satu olahraga dengan penggemar terbanyak di dunia. Terdapat liga dan kompetisi sepak bola yang tersebar di belahan dunia. 

Liga dan kompetisi sepak bola digelar dengan tujuan mempertemukan tim-tim untuk saling berkompetisi merebutkan gelar juara. Tidak hanya saling berkompetisi namun setiap pemain, pelatih, dan staff juga mengembangkan skill mereka di olahraga sepak bola. 

Salah satu contoh kompetisi sepak bola adalah Kejuaraan AFF 2020 yang selesai pada tanggal 1 Januari 2022 kemarin. AFF 2020 menjadi wadah bagi tim nasional di Asia Tenggara untuk dapat berkompetisi melihat kemampuan dan menambah jejeran piala. Liga dan Kompetisi juga dapat menambah nilai tambah bagi klub maupun negara di mata dunia karena kemampuan mereka untuk mendapat gelar juara.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (7/1/2022) celebrities.id telah merangkum 7 liga dan kompetisi di dunia paling bergengsi.

FIFA World Cup

Liga dan kompetisi sepak bola yang pertama adalah FIFA World Cup atau biasa disebut Piala Dunia. Piala Dunia merupakan kompetisi tertinggi untuk kelas tim nasional atau kenegaraan. 

Piala dunia diselenggarakan empat tahun sekali dengan 32 tim yang bertanding di dalamnya. Tempat diadakan Piala Dunia juga digilir setiap empat tahun, terakhir Piala Dunia dilaksanakan di Rusia di tahun 2018.

UEFA Euro Cup

Liga dan kompetisi sepak bola berikutnya datang dari dataran Eropa. Eropa juga memiliki kompetisi yang dilaksanakan empat tahun sekali. Kejuaraan ini berfokus pada negara yang masuk di benua Eropa.

Tempat diselenggarakannya UEFA Euro Cup juga akan berganti-ganti sesuai dengan kesepakatan UEFA (Organisasi Sepak Bola di Eropa). Kompetisi ini dilaksanakan dengan format 24 tim yang akan bertanding.

UEFA Champions League

Eropa memang menjadi penyumbang liga dan kompetisi paling bergengsi. Pasalnya, tim di eropa merupakan salah satu tim terbaik dan bertabur dengan bintang.

UEFA Champions League merupakan kompetisi antar klub di eropa. Terdapat 32 klub yang akan memperebutkan gelar tersebut. Klub yang mendapatkan juara UEFA Champions League biasanya akan dianggap sebagai klub terbaik di seluruh eropa.

UEFA Europa League

Liga dan kompetisi sepak bola di dunia paling bergengsi masih datang dari dataran Eropa. UEFA Europa League ini pada dasarnya sama dengan UEFA Champions League, namun yang membedakan adalah sistem pengambilan pesertanya.

UEFA Europa League akan mengambil peserta dari klub yang menjadi peringkat 3-5 dari liganya masing-masing, sedangkan UEFA Champions League akan mengambil peringkat 1-2 dari liganya masing-masing.

Asian Champion League

Benua Asia juga memiliki liga dan kompetisi sepak bola yang tidak kalah dengan Eropa. Asian Champion League menjadi wadah untuk klub-klub di seluruh Asia menunjukkan skillnya. 

Persik Kediri merupakan wakil Indonesia terakhir yang pernah berkompetisi di Asian Champion League. Kompetisi ini akan diikuti 45 klub seluruh Asia dengan status juara maupun runner-up di liganya masing-masing.

Copa Libertadores

Amerika Latin juga memiliki kompetisi bergengsi yang tidak kalah dengan eropa. Copa Libertadores menjadi salah satu kompetisi di dunia paling bergengsi. Copa Libertadores merupakan kompetisi yang diikuti oleh klub asal Amerika Selatan.

Copa Libertadores menggunakan sistem 32 tim yang akan bertanding memperebutkan gelar juara tersebut. Copa Libertadores dapat dikatakan sebagai Liga Champion bagian Amerika Selatan.

FIFA Club World Cup

Liga dan kompetisi di dunia yang terakhir adalah FIFA CLub World Cup. Tidak hanya negara, namun klub sepak bola di dunia juga diberikan wadah untuk saling bertemu dengan konsep FIFA Club World Cup.

Klub yang menjuarai kejuaraan ini akan diberikan lencana emas piala dunia klub pada kostum klub. Kalian dapat melihatnya pada kostum Real Madrid di tahun 2014. FIFA Club World Cup akan diikuti 7 peserta yang menjuarai liga champion di masing-masing benuanya.

Itulah rangkuman dari liga dan kompetisi sepak bola di dunia paling bergengsi yang dapat celebrities.id sajikan. Semoga bermanfaat!
 

Editor : Simon Iqbal Fahlevi