Limbah Masker Tak Terkendali, Ini Cara Cuci dan Buang Masker Bekas yang Benar

Aan Haryono
Selasa 20 Juli 2021 21:38 WIB
Masker bekas pakai tak boleh dibuang sembarangan sehingga menjadi masalah baru di tengah pandemi Covid-19. (Foto: celebrities.id)

SURABAYA, celebrities.id - Limbah masker menjadi persoalan baru di tengah upaya penanganan pandemi Covid-19. Masker bekas merupakan benda berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Terlebih jika dibuang tidak pada tempatnya.

Pakar mikrobiologi Universitas Airlangga dr. Novita Arbianti, Sp.MK menuturkan, virus yang menempel pada masker bekas masih sangat berbahaya dan menular. Sehingga masyarakat tetap harus waspada dan membuang masker bekas di tempat yang tepat.

“Betapa banyaknya sekarang masker medis (bekas) yang menjadi permasalahan. Jangan sampai hanya kita yang dilindungi oleh masker, tapi orang lain juga,” katanya, Selasa (20/7/2021).

Ia melanjutkan, cara untuk melepas masker medis yang benar, yakni cukup dengan memegang talinya dan bukan pada filter atau maskernya. Kemudian, sebaiknya dilakukan penyemprotan (desinfeksi) menggunakan alkohol 70 persen atau hand sanitizer pada permukaan masker. 

Setelah dilakukan penyemprotan, gunting tali masker dan buang masker pada tempat sampah yang tertutup.

Untuk melepas masker pada penggunaan sesaat, ada caranya tersendiri. Caranya, melepas masker dengan memegang talinya dan ditempatkan pada permukaan tisu yang sudah disiapkan sebelumnya di atas meja, kemudian dilipat dan masker dapat digunakan lagi.

“Tetapi memang ada waktunya juga, kalau masker kita basah, sudah tiga jam ya silahkan diganti dan jangan dikalungkan di leher,” ujarnya.

 

1
/
2