Lirik Lagu Indonesia Pusaka - Ismail Marzuki dan Maknanya

Iqbal Widiarko
Rabu 03 Agustus 2022 15:44 WIB
Lirik Lagu Indonesia Pusaka - Ismail Marzuki dan Maknanya
Lirik lagu Indonesia Pusaka - Ismail Marzuki dan maknanya. (YouTube: Lagu Nasional Indonesia)

JAKARTA, celebrities.id - Lirik lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki secara umum menceritakan tentang kekagumannya mewakili setiap rakyat Indonesia terhadap rasa cinta tanah air dan segala sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. 

Lagu ini juga membawa nuansa nasionalisme dan jiwa patriotik yang tinggi dalam setiap bait liriknya.

Dalam setiap karyanya, Ismail mempunyai ciri khas yang kuat, mulai dari kesyahduan musik yang diaransemen, lirik yang penuh makna nasionalis, syair yang kuat dan pastinya melodi yang indah juga abadi.

Dunia musik ternyata telah mengiringi kehidupan waktu kecilnya. Sang ayah merupakan seorang pemain rebana yang memainkan seni berdendang. Dalam YouTube Lagu Nasional Indonesia, lagu ini telah diputar sebanyak 2 juta kali saat artikel ini ditulis.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (3/8/2022) telah merangkum lirik lagu Indonesia Pusaka, sebagai berikut.

Lirik Lagu Indonesia Pusaka

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa

(Reff)

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya

(Reff)

Indonesia ibu pertiwi
Kau kupuja kau kukasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

Makna Lagu Indonesia Pusaka

Indonesia Pusaka yang diciptakan oleh Ismail Marzuki seakan ingin mencurahkan setiap rasa kagumnya terhadap apa yang dimiliki oleh tanah air Indonesia. Lagu ini juga memaknai Indonesia sebagai negara yang kuat, tangguh dan berjaya. Beliau juga menceritakan tentang Indonesia sebagai tempat lahirnya hingga akhir hayat.

Keindahan alam Indonesia sebagai karya Tuhan juga disebutkan dalam beberapa liriknya. Jiwa nasionalisme dan patriotisme seakan terwakili dalam setiap bait liriknya seperti ajakan untuk memelihara persatuan dan mengembangkan ilmu pengetahuan demi membangun bangsa Indonesia.

Sekilas tentang Ismail Marzuki

Ismail Marzuki lahir di Jakarta, 11 Mei 1914. Sewaktu kecil dirinya akrab dipanggil Maing. Lahir dari keluarga keturunan Betawi, Ismail mempunyai bakat seni dari ayahnya bernama Marzuki. Setelah tamat sekolah MULO (SMP), Ismail bekerja di Socony Service Station sebagai kasir dan sanggup menabung dari uang jerih payahnya untuk membeli sebuah biola.

 

1
/
2