Logam yang Dapat Mencegah Korosi pada Bumper Mobil, Pakai Lapisan Crome

Tangguh Yudha
Sabtu 11 Juni 2022 22:09 WIB
Logam yang Dapat Mencegah Korosi pada Bumper Mobil, Pakai Lapisan Crome
Logam yang dapat mencegah korosi pada bumper mobil. (Foto: Auto2000)

JAKARTA, celebrities.id - Logam yang dapat mencegah korosi pada bumper mobil wajib diketahui pengendara mobil. Selain mampu melindungi dari korosi logam ini juga dapat memberikan nilai estetika yang baik.

Ya, lapisan logam yang dimaksud adalah kromium. Tapi perlu diketahui bahwa kromium yang digunakan hanyalah berupa lapisan tipis. Jadi bukan secara keseluruhan bumper mobil terbuat dari kromium.

Seperti dilansir dari Bumperbuddies, Sabtu (11/6/2022), pada mobil-mobil klasik, bumper memang terbuat dari kromium utuh sehingga bebas karat dan membuat tampilan mobil lebih menawan.

Tapi meskipun begitu, tetap ada kekurangan yang diperoleh dari penggunaan kromium utuh ini, yakni bobotnya yang sangat berat dan sulit diperbaiki jika mengalami penyok.

Seiring berjalannya waktu, kromium kini dimanfaatkan melalui proses pelapisan atau disebut chrome plating. Kromium sendiri sebenarnya bukan hanya bisa dimanfaatkan oleh mobil, tapi juga yang lain.

Nah, untuk proses chrome plating ini merupakan metode penerapan lapisan tipis kromium ke substrat (logam atau alloy) melalui prosedur yang dinamakan pelapisan electroplating.

Secara sederhana, electroplating dilakukan dengan mengalirkan arus listrik antara dua elektroda yang direndam dalam bak elektrolit yang terdiri dari asam kromat.

Salah satu elektroda akan menjadi substrat yang akan dilapisi. Selama aliran listrik antara dua elektroda, atom kromium disimpan dalam lapisan pada elektroda yang akan disepuh.

Sekedar informasi, langkah pencegahan korosi sebenarnya bukan hanya bisa dilakukan lewat pelapisan kromium saja, tapi juga ada langkah lain yang lebih sederhana dan biayanya lebih murah.

Pertama adalah dengan rajin mencuci mobil. Selanjutnya adalah hindari lecet apalagi lecet yang sampai mengangkat lapisan coating dan cat mobil. Serta selalu jaga komponen besi pada mobil tetap kering.

Editor : Hadits Abdillah