9 Lokasi Syuting Harry Potter Terpopuler di Dunia Nyata

Evi Nurhayati
Rabu 12 Januari 2022 15:41 WIB
9 Lokasi Syuting Harry Potter Terpopuler di Dunia Nyata
Lokasi syuting Harry Potter terpopuler. (Foto: celebrities.id/Instagram @harrypotterny)

JAKARTA, celebrities.id - Lokasi syuting Harry Potter terpopuler menjadi tempat destinasi para penggemar, salah satunya adalah Hogwarts yang paling banyak dikunjungi. Namun, cerita sekolah sihir ini hanya fiktif belaka dan tidak mungkin terwujud. 

Hogwart memang tidak  nyata. Namun, kamu bisa mengunjungi lokasi syuting film Harry Potter lainnya yang benar adanya. Film karya J.K Rowling ini memiliki tempat-tempat syuting keren yang membuat para penggemar ingin berkunjung. 

Lokasi syuting Harry Potter terpopuler 

Kalau kamu sudah punya kesempatan untuk berkunjung ke Negara Inggris, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa lokasi syuting Harry Potter di sana.

Berikut ini beberapa lokasi tempat syuting film Harry Potter yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat destinasi mengingat kembali kisah sihir ternama di dunia ini:

1. Malham Cove

Malham Cove salah satu tempat syuting film Harry Potter and the Deathly Hallows yang terletak di North Yorkshire, Inggris.  Lokasi syuting ini dipenuhi dengan pemandangan bebatuan kapur setinggi 80 meter.

Pemandangan pada Malham Cove menjadi bagian latar belakang Harry yang ditemani oleh Hermione, mencari Horcrux. Bebatuan tersebut sangat menakjubkan penuh dengan berbagai bentuk yang terlihat unik.
Selain itu, terdapat pula padang bebatuan terbentuk secara natural yang diakibatkan pengikisan, namun masih terlihat cantik.

2. Gloucester Cathedral

Gloucester Cathedral merupakan gereja yang sudah berusia lebih dari 1000 tahun yang terletak di Gloucester. Lokasi syuting film Harry Potter yang satu ini dijadikan sebagai latar belakang lorong-lorong sekolah Hogwarts.
Selain itu, beberapa bagian tempat gereja ini juga digunakan untuk pengambilan gambar dan ruangan situasi di sekolah Hogwarts, terutama untuk ruang asrama Gryffindor.

3. Alnwick Castle

Alnwick Castle merupakan kastil kerajaan Inggris yang sampai sekarang masih ditinggali dan terletak di Northumberland. Kastil ini berdiri sejak abad ke-11 dan dijadikan tempat ketika mobil terbang keluarga Weasley mendarat. 

Tempat ini juga menjadi latar tempat ketika Harry mempelajari Quidditch untuk pertama kalinya. Kamu bisa berkunjung saat musim panas untuk mencoba mengikuti pelatihan sapu terbang seperti yang dipelajari Harry Potter dan teman-temannya.

4. Leadenhall Market

Leadenhall Market merupakan tempat pusat perbelanjaan yang tertua di London, Inggris. Ini merupakan tempat dalam film Harry Potter Diagon Alley saat Harry membeli tongkat sihir, buku pelajaran sekolah, serta seragam sebelum masuk ke sekolah sihirnya.

5. Loch Shiel

Loch Shiel merupakan danau yang  terletak di Glenfinnan, Scotland. Ini adalah tempat dalam film yang diberi nama Black Lake di film Harry Potter and The Goblet of Fire. 
Tempat ini menjadi tempat pertarungan kedua dari Turnamen Triwizard. Selain itu, danau ini juga terletak berdekatan dengan Glenfinnan Viaduct.

6. Duke Humfey's Library

Duke Humfrey’s Library merupakan perpustakaan Bodleian Universitas Oxford yang tertua terletak di Oxford, Inggris. Untuk para penggemar Harry Potter yang suka membaca, tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati sensasi membaca seperti di film, sama seperti rak terlarang yang ada di Hogwarts.

7. De Vere House

De Vere House yang terletak di pedesaan Lavenham merupakan tempat syuting rumah keluarga Harry dan menjadi tempat meninggal orang tuanya yang diserang oleh Voldermort dan Nagini. 

8. Glenfinnan Viaduct

Glenfinnan Viaduct merupakan jalur kereta yang terletak diatas jembatan tinggi dengan gaya bangunan Victoria. Sampai sekarang jalur ini masih digunakan, dan masuk dalam tempat syuting Harry Potter. Jika kamu mengingat dalam adegan Ron dan Harry di film Harry Potter and The Chamber of Secret yang mengejar kereta dengan menggunakan mobil terbang, ini adalah lokasinya di dunia nyata.

9. Platform 9 3/4 King's Cross Station

Stasiun yang memiliki peron 9 3/4 juga masuk dalam tempat syuting Harry Potter. Tempat ini menjadi perantara Harry untuk masuk dari dunia nyata ke dunia sihir Hogwarts. Dalam adegan, Harry bermobilisasi menuju ke sekolah Hogwarts, di peron 9 3/4 di stasiun ini.


 

Editor : Endang Oktaviyanti