Luhut Panjaitan Optimistis Indonesia Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik, Diprediksi Terealisasi 2027

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Rabu 18 Januari 2023 12:41 WIB
Luhut Panjaitan Optimistis Indonesia Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik, Diprediksi Terealisasi 2027
Indonesia optimis jadi produsen baterai mobil listrik, terealisasi tahun 2027. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Pemerintah Indonesia gencar menjalin kerja sama dengan investor yang memiliki pengalaman di bidang kendaraan listrik. Hal ini memastikan Indonesia menjadi salah satu pemain besar dalam produksi baterai dan mobil listrik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Indonesia sudah mencapai sejumlah kesepakatan untuk membangun pabrik yang akan memproduksi baterai lithium.

“Hilirisasi kita sudah mencapai satu titik dengan ditandatanganinya satu perjanjian dengan CATL. Kita akan membangun ekosistem untuk lithium baterai dan juga mobil listrik. Kita sudah masuk pada satu era baru membangun ekosistem (kendaraan listrik),” kata Luhut Pandjaitan di YouTube Kemendagri Indonesia, Rabu (18/1/2023).

Sekadar informasi, CATL sudah mencapai kesepakatan dengan Mind ID untuk bekerja sama membangun pabrik pembuatan baterai kendaraan listrik. Luhut mengatakan apabila itu berjalan sesuai rencana, maka Indonesia bisa menjadi salah satu produsen baterai terbesar.

“Kalau berjalan semua sesuai rencana, maka baterai pertama lithium akan kita bisa produksi pada 2025. Mungkin pada 2027, kita salah satu dari tiga besar dunia yang akan memproduksi lithium baterai dan mobil listrik,” ujarnya.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2