Luke Shaw Catat Sejarah, Pecahkan Rekor Gol Tercepat di Final Piala Eropa 

Quadiliba Al-Farabi
Senin 12 Juli 2021 04:10 WIB
Pemain Tim Nasional Inggris, Luke Shaw mencetak gol cepat pada menit ke 1.56 saat menjamu Italia. (Foto: Reuters) 

LONDON, celebrities.id – Pemain Tim Nasional Inggris, Luke Shaw mencetak gol cepat pada menit ke 1.56 saat menjamu Italia di partai final Piala Eropa 2021 pada Senin (12/7/2021) dini hari. Gol ini menjadi yang tercepat di partai final sepanjang sejarah Piala Eropa.

Bermain di Wembley Stadium, London, The Three Lions langsung mengejutkan pertahanan Italia di menit awal babak pertama. Pasalnya, Gli Azzurri yang baru saja mendapat sepak pojok mengawali serangan, justru “dihukum” oleh kecepatan para pemain Inggris.

Setelah sepak pojok tersebut bisa dihalau pemain bertahan, Inggris langsung melancarkan serangan balik cepat. Sampai akhirnya bola berada di kaki Kieran Trippier dan langsung ia umpan ke Luke Shaw.

Shaw yang berada di sisi kanan pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk melepaskan tendangan. Bola pun meluncur deras ke tiang dekat Gianluigi Donnarumma.

Ternyata, gol pertama Luke Shaw bagi Timnas Inggris di Piala eropa ini menjadi yang tercepat di partai final Piala Eropa sejak turnamen ini dibentuk pada 1958. Berdasarkan laman resmi UEFA, ia memecahkan rekor gol tercepat di partai final sebelumnya yang terjadi pada 1964.

Kala itu gol tercepat diciptakan oleh pemain Spanyol, Chus Pereda yang memberi keunggulan awal melawan Uni Soviet. Ia menciptakan gol di menit ke 5.17 detik.

Satu hal lagi, gol Shaw ini juga menjadi nomor lima tercepat di Piala Eropa sepanjang sejarah. 

 

1
/
2