11 Lukisan Termahal Indonesia, Ada yang Harganya Mencapai Rp150 Miliar

Sri Lestari Rahayuningtyas
Senin 19 September 2022 13:59 WIB
11 Lukisan Termahal Indonesia, Ada yang Harganya Mencapai Rp150 Miliar
Lukisan termahal Indonesia. (Foto: Dok Kemendikbud)

JAKARTA, celebrities.id - Lukisan termahal Indonesia bukan hanya memiliki harga yang fantastis, juga filosofi di dalamnya. Lukisan termahal Indonesia diketahui ada yang harganya mencapai miliaran rupiah.

Dilansir dari berbagai sumber pada Senin (19/9/2022), berikut lukisan termahal Indonesia.

Lukisan termahal Indonesia

1. “Penangkapan Pangeran Diponegoro (Die Gefangenhame Diepo Negoro) – Raden Saleh

Saat Raden Saleh menduduki jabatan sebagai pelukis kerajaan Belanda, dia pernah membuat lukisan 'Penangkapan Pangeran Diponegoro'. Rupanya, lukisan tersebut menggambarkan peristiwa penting yang terjadi pada 28 Maret 1830 pada rumah Residen Kedu di Magelang.

Peristiwa tersebut adalah Penangkapan Pangeran Diponegoro. Lukisan ini termasuk dalam salah satu lukisan termahal di dunia, karena pada 2010 lukisan Raden Saleh berjudul Penangkapan Pangeran Diponegoro tersebut dinilai seharga Rp50 miliar. Penghitungan kemudian dilakukan lagi dua tahun kemudian. Ternyata, harganya makin fantastis yaitu mencapai Rp100 miliar.

2. “Perburuan Banteng” - Raden Saleh

Lukisan Raden Saleh dengan judul Banteng Hunt atau Perburuan Banteng laku terjual dengan harga mencapai Rp150 miliar dengan premium serta pajak di Prancis. Rekor penjualan tersebut sempat menghebohkan para kolektor seni.

Kisah dibalik penemuan lukisan tersebut lebih bikin heboh lagi. Lukisan tua tersebut hampir dianggap tak ada harganya karena berada di gudang bawah tanah, dimana sang pemilik rumah tidak harga benda seni bernilai tinggi tersebut. Untung saja, ketika mereka ingin menyingkirkan lukisan itu, mereka terlebih dahulu menghubungi Jack-Philippe Ruellan, seorang pelelang barang seni. Dan voila! Ternyata harganya selangit.

 

1
/
3