Macam-Macam Kode Error di Internet, Kenali agar Tidak Bingung

Mirsya Anandari Utami
Sabtu 17 September 2022 16:35 WIB
Macam-Macam Kode Error di Internet, Kenali agar Tidak Bingung
Macam-macam kode error di internet. (celebrities.id/Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Dalam kehidupan modern, internet sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa internet membantu berbagai aktivitas manusia, dari berkomunikasi, memesan makanan, hingga sarana hiburan. 

Meskipun terbilang sebagai teknologi yang canggih, internet tak luput dari kesalahan atau error. Kadangkala terjadi beberapa kesalahan pada internet sehingga website yang dituju tidak bisa dibuka dan memunculkan beberapa kode error

Melansir dari postingan di akun Instagram Kominfo, Sabtu (17/9/2022), berikut macam-macam kode error di internet.

400 Bad Request Error

Sering kali ketika berselancar di internet, terdapat kode error yang mucul dan salah satunya adalah 400 Bad Request. Kode ini dapat muncul jika alamat website yang dituju sudah dihapus oleh pemilik web. 

Selain itu, kesalahan pada penulisan alamat URL dan koneksi iternet yang terputus juga dapat menyebabkan kode error ini muncul. Langkah yang bisa dilakukan ketika kode 400 Bad Request Error muncul adalah dengan memastikan alamat URL yang dituju sudah benar. Pastikan pula jaringan internet dalam keadaan baik, lalu refresh kembali halaman web.

403 Forbidden

Kode 403 Forbidden dapat muncul ketika pemilik web secara sengaja menyembunyikan laman webnya. Pada saat kode ini muncul, server memahami permintaan akses tetapi menolak untuk mengotorisasinya. 

Hanya orang yang diberi izinlah yang dapat mengakses web tersebut. Maka dari itu, jika kode error 403 Forbidden muncul, pengakses harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik website.

404 Not Found

Kode 404 Not Found adalah salah satu kode yang sering dijumpai para pengguna internet. Kode ini muncul ketika server tidak dapat menemukan situs dari URL yang dicari. 

Kejadian ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kesalahan pada penulisan kode URL, caching bermasalah, domain yang belum dipropagasi ke DNS, dan permasalahan pada plugin. Sama seperti kode 400 Bad Request Error, solusi untuk mengatasi kode error ini adalah dengan mengecek kembali alamat URL dan pastikan jaringan internet lancar.

500 Internal Server Error

Kode error 500 Internal Server menunjukkan adanya kesalahan yang terjadi pada server. Kode ini muncul ketika server menerima hambatan tidak terduga yang menghambatnya mengakses web tujuan. 

Namun terkadang, tidak semua error dapat dibaca oleh server sehingga kode 500 akan mucul saat server tidak dapat menemukan informasi yang spesifik. Utuk mengatasinya, pengakses dapat membersihkan cache dan cookies lalu refresh kembali halaman webnya.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi