Makan Daging Hewan Liar Berisiko Terkena Cacar Monyet, Ini Penjelasan Ahli

Kevi Laras
Senin 08 Agustus 2022 12:00 WIB
Makan Daging Hewan Liar Berisiko Terkena Cacar Monyet, Ini Penjelasan Ahli
Ahli jelaskan risiko makan daging hewan liar. (Foto: Newshunt)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus cacar monyet atau monkeypox di dunia kian berkembang. Hal tersebut banyak yang mengkaitkan dengan makan daging atau daging hewan liar, bisa meningkatkan risiko seseorang terkena cacar monyet.

Lantas apakah benar makan daging atau daging hewan liar lebih berisiko terkena cacar monyet?. 

Menurut dr. Ni Luh Putu Pitawati, SpKK dari RSPI Sulianti Saroso bahwa syarat utama bagi mereka yang suka makan daging atau daging hewan liar harus melihat tingkat kematangan. 

"Jadi bagi mereka yang mengonsumsi daging hewan liar namun tidak dimasak dengan matang, itu bisa jadi agen penularan ya," ujar dr Putu dalam Siaran Sehat di Instagram Radio Kesehatan, Senin (8/8/2022)

Lebih lanjut, dia mengatakan berdasarkan sejarahnya memang cacar monyet berasal dari hewan liar, sehingga cukup berisiko untuk lebih mudah tertular. 

Namun, dia menerangkan bahwa mengonsumsi daging apa pun harus matang. Sebab salah atau cara pencegahan untuk cacar monyet atau penyakit infeksi lainnya, dari makanan yaitu kematangan.

"Intinya adalah harus mencegah penyakit infeksi lain dan parasit dengan memakan masakan yang dimasak baik atau matang. Khusus monkeypox dari laporan di luar, bahwa penularan dari hewan liar ya sebaiknya bagi hobi konsumsi hewan liar ya harus dihindari ya," katanya.

Dia pun menyarankan bagi mereka dari daerah tertentu yang biasa mengonsumsi daging liar, tetap mengutamakan tingkat kematangan daging yang dikonsumsi. 

"Ada juga daerah yang suka mengonsumsi daging tersebut ya harus dimasak dengan matang," ujar dr Putu.

Editor : Tia Ayunita