7 Makanan Khas 17 Agustus, Salah Satunya Bermakna Ungkapan Rasa Syukur

Hasyim Ashari
Minggu 31 Juli 2022 14:29 WIB
7 Makanan Khas 17 Agustus, Salah Satunya Bermakna Ungkapan Rasa Syukur
Daftar makanan khas 17 Agustus. (Foto: celebrities.id/Instagram @nasibagoes)

JAKARTA, celebrities.id - Makanan khas 17 Agustus ada banyak macamnya dan berasal dari berbagai daerah. Selain rasanya nikmat, makanan khas Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) itu juga mudah dibuat dan gampang ditemukan, terutama saat perayaan kemerdekaan Indonesia.

Momen HUT RI biasanya diramaikan dengan berbagai kegiatan seperti upacara bendera dan perlombaan. Tak terkecuali, masyarakat juga biasanya mengadakan syukuran dengan menyajikan berbagai macam makanan khas Indonesia.

Melansir dari berbagai sumber, Minggu (31/7/2022)berikut celebrities.id rangkum 7 Makanan khas 17 Agustus.

Deretan Makanan Khas 17 Agustus

1. Nasi Tumpeng

Menu nasi tumpeng bisa disebut sebagai salah satu menu wajib untuk acara-acara yang berkaitan dengan perayaan hari lahir dan hari istimewa lainnya, termasuk peryaaan 17 Agustus. Menu ini cukup umum terutama di area Pulau Jawa.

Tumpeng sendiri merupakan hidang yang terdiri dari nasi (bisa nasi putih, nasi uduk maupun nasi kuning) yang dibentuk mengerucut dan diletakkan di atas tampah beralaskan daun pisang. Di sekeliling tumpeng, biasanya akan diberi lauk pelengkap yang ditata rapi sehingga nampak cantik.

2. Kue celorot

Kue ini dikenal sebagai salah satu jajanan pasar unggulan di daerah Jawa. Kue celorot terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah yang dicampur lantas dibentuk dalam cetakan kerucut yang terbuat dari janur atau daun kelapa muda.

Kue ini lebih mirip dengan sebuah jenang dan memiliki karakteristik rasa manis sehingga rasanya cukup nagih. Selain menjadi makanan yang khas di momen 17 Agustus setiap tahunnya, kue ini juga dapat dengan mudah ditemukan pada berbagai jenis acara hajatan lainnya, termasuk pada momen Lebaran.

3. Puding merah putih

Puding merah putih pun menjadi salah satu penganan khas hari kemerdekaan, loh. Puding ini sengaja dibuat untuk melambangkan bendera Indonesia.

Dengan harapan, bisa menambah kecintaan masyarakat Indonesia terhadap tanah airnya.

 

1
/
2