5 Makanan Khas Solo, Terkenal Seantero Indonesia

Melati Pratiwi
Selasa 02 Agustus 2022 08:17 WIB
 5 Makanan Khas Solo, Terkenal Seantero Indonesia
Makanan Khas Solo . (Foto: Batikculinary)

SOLO, celebrities.id - Makanan Khas Solo belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Solo atau Surakarta namun tak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Makanan khas Solo umumnya memiliki cita rasanya yang tak begitu pedas dan justru lebih condong perpaduan manis dan gurih.

Tak sulit menjumpai makanan khas Solo di setiap sudut kota asal Presiden Joko Widodo itu. Harganya pun relatif murah, namun rasanya siap bikin kangen siapapun yang mencicipi.

Berikut ini ada 5 rekomendasi makanan khas Solo yang dilansir dari beragam sumber, Selasa (2/8/2022):

Makanan Khas Solo

1. Selat Solo

Makanan khas solo pertama adalah Selat Solo. Kuliner ini perpaduan antara rasa Jawa yang dipengaruhi Eropa. Satu porsi selat solo terdapat sayuran seperti kentang, rebusan buncis, wortel, selada, dan juga tomat. Lalu, ditambah pula telur, daging, atau lidah, sesuai dengan variannya.

Semua itu disantap bersama kuah segar dan manis berwarna coklat.

2. Timlo

Mencari menu sarapan yang sederhana namun mengenyangkan? makanan khas Solo bernama Timlo bisa jadi jawabannya. Beragam isiannya terdiri dari wortel, telur, suiran ayam, dan yang unik adalah potongan sosis solo.

Kuahnya terasa gurih, segar, dan cukup light. Cocok dijadikan menu sarapan maupun makan siang.

3. Bubur Tumpang

Makanan khas Solo satu ini terbilang unik dan jarang ditemui di daerah lain. Bubur Tumpang menggunakan tempe busuk yang dijadikan sambal. Nantinya, sambal itu disiram ke atas bubur tersebut. Kuahnya terasa gurih dan rasa segar berasa dari sayuran yang ikut ditambahkan di atasnya.

 

1
/
2