Makeup Primer dengan Obat Gatal Viral di TikTok, Ahli Jelaskan Bahayanya

Hasyim Ashari
Kamis 04 Agustus 2022 07:34 WIB
Makeup Primer dengan Obat Gatal Viral di TikTok, Ahli Jelaskan Bahayanya
Bahaya makeup primer dengan obat gatal. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Calamine lotion menjadi viral di TikTok karena digunakan sebagai primer sebelum menggunakan makeup. 

Sebelumnya, calamine lotion biasa digunakan untuk meredakan kulit akibat biang keringat, bahkan cacar air.

Tren menggunakan calamine lotion yang viral di TikTok ini diklaim bisa membuat kulit wajah tampak menjadi kering untuk orang-orang yang memiliki kulit berminyak bahkan bisa membuat makeup bertahan lebih lama dari biasanya.

Para beauty enthusiast bahkan mengatakan bahwa menggunakan calamine lotion ini bisa membuat kulitnya tampak super matte. 

Namun, ditengah keberhasilan menggunakan obat gatal ini sebagai riasan ampuh, seorang ahli dari San Diego yakni Azadeh Shirazi tidak menyarankan untuk memakai obat ini untuk primer.

Dilansir The Washington Post pada Kamis (4/8/2022), dia mengatakan bahwa kandungan dari obat gatal tersebut bisa membuat kulit kring dan merusak skin barrier bahkan bisa menyebabkan iritasi.

“Saya menyarankan kepada para beauty enthusiast untuk mengetahui terlebih dahulu kandungan didalam obat tersebut karena bisa membahayakan kulit Anda jika digunakan secara berlebihan,” katanya.

Sebagai informasi, calamine lotion mengandung zinc oxide yang bisa memiliki efek mattifying untuk membantu menyerap minyak belebih. Namun, kandungan ini umumnya direkomendasikan untuk mengobati luka karena infeksi seperti cacar air atau cacar monyet.

Selain itu, obat gatal ini mengandung ferric oxide yang merupakan exfoliant yang bisa membantu mengatasi rasa gatal sehingga bisa memperburuk kondisi kulit jika diaplikasikan di jerawat, dermatitis atau rosacea.

Editor : Tia Ayunita