Malaysia Buka Pintu Masuk Negaranya 1 April 2022, WNA Bebas Karantina dan Bisa Berwisata

Novie Fauziah
Kamis 24 Maret 2022 23:49 WIB
Malaysia Buka Pintu Masuk Negaranya 1 April 2022, WNA Bebas Karantina dan Bisa Berwisata
Langkawi, salah satu destinasi wisata di Malaysia. (Foto:celebrities.id/ MPI Lintang Tribuana)

JAKARTA, celebrities.id - Setelah dua tahun ditutup karena pandemi, akhirnya Malaysia akan mulai membuka pintu masuk negaranya pada 01 April 2022 mendatang. Para wisatawan  dari berbagai negara, termasuk Indonesia bisa berkunjung ke Negeri Jiran tersebut.

Menuju transisi menuju endemi, para wisatawan yang datang ke Malaysia kini tidak perlu lagi melakukan karantina. Hal ini sesuai dengan pemerintah setempat, melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Malaysia. Tak hanya itu saja, bagi yang akan melakukan pengobatan pun kini sudah bisa datang.

Akan tetapi, meski sudah tidak lagi memberlakukan karantina, wisatawan yang akan datang ke Malaysia tetap harus melakukan protokol kesehatan lainnya.

Wisatawan yang diperbolehkan ke Malaysia harus sudah menerima vaksinasi, minimal dosis kedua. Kemudian membawa hasil tes PCR  yang dipastikan negatif, tidak lebih dari 48 jam sebelum keberangkatan ke Malaysia.

Kemudian, setelah sampai di Malaysia para wisatawan akan melakukan tes Covid-19 yaitu rapid kit-antigen dalam kurun waktu 24 jam.

"Malaysia tetap menerapkan pembatasan jarak, pemakaian masker, membersihkan tangan, termasuk di tempat-tempat wisata. Bahkan pelaksanaannya lebih ketat untuk menjamin dan memastikan keselamatan kedua belah pihak," ujar Chief Executive Officer Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Mohd Daud Mohd Arif kepada MNC Portal di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Rabu 24 Maret 2022.

 

1
/
2