3 Manfaat Baking Soda untuk Wajah, Bisa Menghilangkan Jerawat dan Mengecilkan Pori-Pori

Laras Dwi Sasmita
Jumat 20 Agustus 2021 12:57 WIB
3 Manfaat Baking Soda untuk Wajah, Bisa Menghilangkan Jerawat dan Mengecilkan Pori-Pori
Manfaat Baking Soda untuk Wajah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat baking soda untuk wajah belum banyak diketahui orang. Biasanya baking soda kerap digunakan untuk membuat masakan, salah satunya adalah kue. 

Telah banyak metode yang digunakan untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah bersinar. Ada yang harus mengeluarkan uang hingga sampai ratusan ribu, tetapi ternyata terdapat beberapa barang rumah sehari-hari yang bermanfaat dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya.

Salah satunya adalah baking soda yang oleh sebagian orang disebut soda kue. Ada begitu banyak manfaat kesehatan dan kecantikan dari baking soda. Ini juga memiliki sedikit atau tanpa efek samping. 

Menggunakan baking soda untuk mengobati masalah kulit sebenarnya cukup aman karena ditemukan senyawa alami dalam jumlah melimpah dengan bentuk mineral 'natron'.  Berikut tiga manfaat baking soda untuk wajah dilansir Femina, Jumat (20/8/2021).

1. Menghilangkan jerawat 
Sifat pengelupasan ringan dari baking soda menjadikannya bahan yang luar biasa untuk membantu menghilangkan jerawat. Aman digunakan pada wajah juga setelah diencerkan dengan air. Baking soda membantu mengeringkan jerawat dan sifat anti-bakterinya untuk mencegah jerawat lebih lanjut pada kulit. 

Untuk menggunakan baking soda sebagai bahan pelawan jerawat, masukan satu sendok teh soda kue dan campur dengan jumlah air yang sama untuk membuat pasta. Lalu bersihkan kulit dengan mencuci muka, kemudian oleskan pasta baking soda ini pada bagian jerawat. 

Ramuan ini juga dapat digunakan pada komedo dan komedo putih. Diamkan selama dua-tiga menit lalu basuh wajah dengan air hangat.

Metode ini akan membuka pori-pori dan gosokkan es batu dengan lembut ke wajah. Setelah kering, gunakan pelembap ringan dan pastikan non-comedogenic yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori. Gunakan pasta ini dua kali seminggu untuk melihat pengurangan yang terlihat pada munculnya jerawat.

 

1
/
2