Manfaat Beras Shirataki

Kevi Laras
Kamis 28 Juli 2022 18:46 WIB
Manfaat Beras Shirataki
Manfaat Beras Shirataki. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat beras shirataki bagi kesehatan sangatlah beragam. Beras Shirataki dikenal sebagai nasi yang rendah kalori.

Tak heran jika beras Shirataki umumnya digunakan sebagai salah satu bahan makanan untuk diet.

"Mie shirataki adalah makanan rendah kalori yang terbuat dari glukomanan, sejenis serat yang ditemukan di tanaman konjak Asia," keterangan Healthline dikutip pada Kamis (28/7/2022).

Melansir verywell, beras shirataki hampir tidak mengandung kalori, karbohidrat, lemak, gula, atau protein. Mereka bebas gluten dan vegan. Lantas apa aja manfaat beras Shirataki? Ini ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Beras Shirataki

1. Membantu menurunkan berat badan

Menurut Healthline terlebih lagi, mengonsumsi glukomanan sebelum mengonsumsi banyak karbohidrat ternyata dapat menurunkan kadar hormon lapar ghrelin.

2. Mengurangi kadar gula darah dan insulin

Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes tipe dua yang mengonsumsi glukomanan selama tiga minggu mengalami penurunan fruktosamin yang signifikan, yang merupakan penanda kadar gula darah.

3. Dapat menurunkan kolesterol

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa glukomanan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.
Para peneliti mencatat bahwa glukomanan meningkatkan jumlah kolesterol yang diekskresikan dalam tinja sehingga lebih sedikit yang diserap kembali ke dalam aliran darah.

 

1
/
2