4 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Ternyata Bisa Mengencangkan Kulit Berminyak

Laras Dwi Sasmita
Jumat 20 Agustus 2021 09:24 WIB
4 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah, Ternyata Bisa Mengencangkan Kulit Berminyak
Cuka apel bermanfaat untuk kencangkan kulit berminyak. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat cuka apel untuk wajah telah banyak diketahui orang, terutama dalam hal kecantikan. Cuka apel mengandung komponen antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. 

Mulai dari sinilah orang-orang menggunakan cuka apel sebagai salah satu cara perawatan wajah alami. Salah satunya sebagai obat jerawat.

Bahan alami ini juga mengandung sam asetat yang dapat bertindak memecah keratin yang menyumbat pori-pori. Kemudian asam alfa hidroksi yang mampu mempercepat pengelupasan kulit, memperbaiki tektur kulit, dan menyerap minyak sehingga dapat mengeringkan sekaligus memudarkan perubahan warna kulit yang tak merata akibat bekas jerawat. 

Melansir dari Dermstore, Jumat (20/7/2021), berikut empat manfaat cuka apel.

1. Menenangkan dan mengelupas kulit

Sifat antiinflamasi cuka sari apel menenangkan kulit dan asam asetat melembutkan kulit. Ini mengandung asam alfa hidroksi yang secara kimiawi terkelupas untuk menghilangkan penumpukan kulit mati dan mengungkapkan sel-sel kulit baru yang sehat.

Langkah yang perlu dilakukan, yaitu menambahkan air ke dalam wadah berisi cuka apel karena cuka sari apel pekat dapat mengganggu penghalang kulit yang menyebabkan peradangan kulit. Jadi untuk mendapatkan manfaat menenangkan kulit, solusi mudahnya dengan menuangkannya langsung ke bak mandi. 

Dalam bak mandi berukuran biasa, tambahkan satu cangkir cuka sari apel ke dalam air hangat. Rendam selama 15-20 menit agar asam pelindung meresap ke dalam kulit. Ini akan membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, mencegahnya menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering.

2.  Melawan jerawat

Cuka sari apel memiliki tiga ancaman sebagai zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang kuat yang membuatnya mampu mencegah bakteri dan jerawat terbentuk. Dia bekerja untuk mengurangi tingkat bakteri penyebab jerawat dan mengelupas sel-sel kulit mati yang berada di atas permukaan kulit. 

Hal ini juga dapat membantu mengobati atau memudarkan noda hitam di wajah. Untuk menggunakannya kewajah aplikasikan dengan kapas untuk mengoleskannya ke rahang sebelum pipi untuk memastikan kulit tidak terasa seperti "terbakar." Jika rahang bereaksi (merah, terbakar, gatal setelah lima menit), maka hentikan penggunaannya. Jika tidak, oleskan lapisan tipis ke seluruh wajah untuk menghindari apa pun yang menetes di atau di sekitar mata.

 

1
/
2