5 Manfaat Internet di Bidang Kesehatan, Memudahkan Pasien dan Dokter Komunikasi

Bertold Ananda
Jumat 29 Juli 2022 12:30 WIB
5 Manfaat Internet di Bidang Kesehatan, Memudahkan Pasien dan Dokter Komunikasi
Manfaat internet di bidang kesehatan sangat terasa di era digital. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat internet di bidang kesehatan sangat terasa di era digital saat ini. Dengan adanya internet, banyak orang dimudahkan dalam mengakses informasi terkait kesehatan.

Tidak hanya itu saja, internet juga memiliki manfaat untuk memudahkan pekerjaan dokter, perawat untuk membantu menyembuhkan segala penyakit yang diderita oleh pasien. 

Lantas, manfaat apa saja yang diberikan oleh internet di sektor bidang kesehatan?

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Jumat (29/7/2022) terkait manfaat internet di bidang kesehatan.

Manfaat Internet di Bidang Kesehatan

1. Memudahkan Pasien untuk Berkonsultasi

Manfaat pertama yang paling dirasakan dengan kemajuan internet yakni pasien dalam berkonsultasi mengenai kesehatannya. Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang memudahkan pasien dalam berkomunikasi dengan terhubung ke internet. Oleh karena itu, pasien tidak perlu lagi keluar rumah untuk berkonsultasi.

Kini dengan menggunakan smartphone yang terkoneksi internet pasien dapat berkonsultasi lebih mudah di rumah bersama dokter tanpa perlu menunggu antrian yang melelahkan.

2. Membantu Riset

Manfaat kedua adanya internet di bidang kesehatan yakni membantu riset dokter,  pengusaha farmasi obat maupun lembaga lainnya. Internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber penelitian dan eksperimen riset untuk perkembangan industri rumah sakit menjadi lebih baik lagi.

3. Mempermudah Tenaga Medis dan Dokter

Manfaat ketiga yang dapat dirasakan oleh adanya perkembangan internet yakni dokter dan tenaga medis. Kini dokter dan perawat dapat dimudahkan dengan adanya monitoring pasien melalui telepon, video call maupun chat personal untuk memantau lebih intens secara fleksibel.

4. Mempermudah Pasien Membeli Obat-Obatan

Manfaat internet bagi kesehatan juga dirasakan langsung oleh pasien, khususnya dalam membeli obat-obatan. Kini pasien dapat membeli obat sesuai dengan keterangan dan resep yang tercantum di online.

5. Mencegah Penularan Penyakit

Manfaat internet yang terakhir sebagai sarana informasi untuk mencegah penularan penyakit, salah satunya seperti Covid-19. Banyaknya literasi dan sumber yang tercantum di internet membuat semua orang akan membaca dan memahami berbagai penyakit. Hal itu membuat seseorang lebih peduli untuk menjaga kesehatannya supaya mencegah penularan penyakit.

Editor : Oktiani Endarwati