10 Manfaat Lemon Untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Yeni Nawang Wulan
Senin 29 November 2021 16:39 WIB
10 Manfaat Lemon Untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya
Manfaat lemon untuk wajah. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Untuk mendapatkan kulit mulus, tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang atau tenaga untuk mendapatkannya. Kamu hanya perlu mengetahui manfaat lemon untuk wajah demi mendapatkan banyak khasiat berguna untuk perawatan. 

Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C yang membantu kulit dalam banyak cara. Selain itu, lemon mempunyai sifat antibakteri dan antijamur dan banyak mikronutrien, lemon dapat menyingkirkan hampir semua masalah kulit pada wajah.

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (21/11/2021), berikut 10 manfaat lemon untuk wajah dan cara penggunaannya. 

1. Menghilangkan Komedo

Jangan khawatir, komedo bisa dihilangkan hanya dengan perasan lemon. Hal ini, karena mengandung asam sitrat, bentuk alami dari asam alfa hidroksi (AHA) . 

Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu gosokan perlahan dengan irisan buah lemon di komedo kamu. Dan tunggu 5-10 menit untuk membiarkan AHA bekerja untuk pembersihan pori-pori.

2. Mengontrol Minyak di Wajah

Memiliki kulit berminyak merupakan masalah kecantikan yang sangat umum dan sangat mengganggu. Namun, lemon juga dapat mencegah minyak berlebih pada kulit wajah kamu.

Gunakan kapas untuk dicelupkan ke air lemon adalah cara yang mudah dan efektif untuk mengeringkan minyak berlebih. Coba lakukan prosedur ini sebelum tidur. Cuci muka ketika kamu bangun di pagi hari. Teknik ini akan membantu mencegah kulit berminyak berlebihan.

3. Mencegah Penuaan Dini

Lemon dapat memperbaiki kolagen untuk wajah kamu. Kolagen merupakan protein alami yang rusak seiring bertambahnya usia. Hal itu bisa menimbulkan kerutan halus pada wajah. 

Sebagai antioksidan , vitamin C dapat membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak kolagen, membuat Anda memiliki kulit yang lebih halus. Gunakan air lemon secara rutin setiap malam hari.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Lemon juga dapat membantu mengurangi munculnya dan kemerahan bekas jerawat yang sudah terbentuk. 

Untuk perawatan ini, pastikan hanya mengoleskan perasan lemon pada bekas jerawat dan bukan seluruh wajah. Kamu akan merasakan sedikit perih pada kulit. 

5. Membantu Merawat Kulit Kering

Kamu bisa menjadikan lemon sebagai pelembab wajah. Lemon dapat membantu menghilangkan kulit kering dan membuat kulit bersinar secara alami. 

Cara penggunaannya, ambil air lemon dan madu dalam jumlah yang sama lalu oleskan ke wajah. Kemudian setelah 20 menit bilas dengan bantuan air hangat untuk kulit kering yang kenyal dan bercahaya.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Air lemon dapat meratakan warna pada kulit wajah kamu. Ada kandungan alami pada lemon yang dapat membantu mencerahkan kulit. 

Caranya hanya dengan mengaplikasikan ekstrak lemon yang sudah dicampur air, lalu usapkan secara perlahan.

7. Bisa Dijadikan Sebagai Toner

Kamu bisa gunakan air lemon sebagai pembersih wajah setelah cuci muka (toner). Caranya, siapkan kapas dan tuangkan beberapa tetes, lalu tepuk-tepuk pada wajah.

8. Menghilangkan Flek Hitam 

Noda wajah memalukan dan bisa sangat keras kepala. Untungnya, asam sitrat dalam lemon secara bertahap dapat memudarkan noda dan meratakan warna kulit. Gunakan air lemon pada bagian flek hitam. 

9. Mengatasi Sel Kulit Mati 

Lemon mempunyai manfaat yang ampun dalam eksfoliasi kukit wajah. Hal ini untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kulit lemon juga dapat  melawan radikal bebas dengan kandungan antioksidan. 

Cara menggunakannya hanya dengan diusap ke wajah kamu.

10, Sebagai Anti-Bakteri 

Lemon mempunyai kandungan polifenol sebagai antioksidan dan antibakteri. 

Menggunakannya cukup pakai satu perasaan lemon ukuran kecil, lalu dicampur dengan minyak esensial. Kemudian aplikasikan pada wajah kamu.

Nah itu dia rangkuman manfaat lemon, semoga 10 manfaat lemon untuk wajah dan cara penggunaan ini bisa bermanfaat bagi para celebhitz ya! 

Editor : Endang Oktaviyanti