Manfaat Mempercepat Langkah Berjalan, Baik untuk Kesehatan Otak

Sri Lestari Rahayuningtyas
Senin 19 September 2022 15:00 WIB
Manfaat Mempercepat Langkah Berjalan, Baik untuk Kesehatan Otak
Manfaat mempercepat langkah berjalan. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id- Berjalan diyakini bisa meningkatkan kesehatan otak, termasuk mencegah penurunan kognitif seseorang dengan langkah ideal sebanyak 10 ribu langkah. Namun, jika seseorang hanya mampu berjalan, sedikitnya 3.800 langkah, itu juga sudah memiliki banyak manfaat.

Hal itu ditulis dari jurnal University of Sidney yang dilansir dari Insider pada Senin (19/9/2022). Peneliti membandingkan 78.430 orang dewasa berusia 40-70 tahun di Inggris dengan memerhatikan kecepatan rata-rata, jumlah langkah dan hasil kesehatan.

Hasilnya, 2 ribu langkah perhari dari orang tersebut memiliki delapan hingga 11 persen rata-rata risiko kematian dibandingkan yang berjalan sebanyak 3.800 langkah. Orang yang memiliki langkah jalan sebanyak 3.800 ini bahkan mampu mengurangi risiko demensia hingga 25 persen.

“Orang yang berjalan sekitar 9.800 langkah perhari bisa punya risiko demensia 50 persen lebih rendah,” kata peneliti.

Dia juga melanjutkan bahwa kecepatan optimal untuk berjalan kaki selama 30 menit yakni sekitar 112 langkah per menit atau setara 1,6 km per jam untuk memperlambat tanda-tanda penuaan biologis dan memiliki kesehatan otak yang baik dibandingkan denga orang yang memiliki langkah lebih sedikit.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan pada 2019 juga mengatakan bahwa 4.400 orang yang memiliki langkah per hari bisa mengurangi risiko kematian dini.

Editor : Tia Ayunita