8 Manfaat Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia, Salah Satunya Meningkatkan Devisa Negara

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Rabu 23 November 2022 12:38 WIB
8 Manfaat Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia, Salah Satunya Meningkatkan Devisa Negara
Manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia. (Foto: Pixabay/ Tumisu)

JAKARTA, celebrities.id – Banyak manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia. Hampir seluruh negara di dunia juga merasakan manfaat dari perdagangan internasional ini. 

Perdagangan internasional merupakan suatu kegiatan pertukaran barang, jasa yang dilakukan oleh dua atau lebih dari suatu negara. Kegiatan tersebut untuk memenuhi kebutuhan impor dan ekspor dalam negeri.

Setiap negara tentunya saling melakukan kerja sama untuk memenuhi kebutuhan negaranya. Kerja sama yang terjadi antar kedua negara dalam perdagangan internasional sudah pasti membuat kedua pihak sama-sama diuntungkan.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (23/11/2022) telah merangkum manfaat perdagangan internasional bagi perekonomian Indonesia sebagai berikut.

Manfaat Perdagangan Internasional bagi Perekonomian Indonesia

1. Manfaat Perdagangan Internasional sebagai Pertumbuhan Ekonomi

Manfaat pertama perdagangan internasional bagi Indonesia yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Perdagangan internasional dapat menaikkan GDP sehingga ekonomi negara ikut meningkat.

2. Manfaat Perdagangan Internasional untuk Meningkatkan Devisa Negara

Barang ekspor yang dikirim ke luar negeri akan dibayar menggunakan dolar sebagai mata uang internasional. Dari transaksi tersebut negara dapat meningkatkan devisa negara. 

3. Manfaat Perdagangan Internasional untuk Memperbanyak Lapangan Pekerjaan

Perdagangan internasional dapat memperluas lapangan pekerjaan. Saat proses perdagangan ekspor membutuhkan tenaga kerja. Dengan begitu dapat menurunkan angka pengangguran.

 

1
/
2