10 Manfaat Saffron untuk Wajah dan Kecantikan, Auto Glowing!

Evi Nurhayati
Senin 29 November 2021 15:33 WIB
10 Manfaat Saffron untuk Wajah dan Kecantikan, Auto Glowing!
Manfaat Saffron untuk Wajah. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Terdapat banyak manfaat saffron untuk wajah yang biasa diterapkan oleh pakar kecantikan. Saffron ini merupakan jenis rempah-rempah yang diambil dari tumbuhan Crocus sativus L, yang biasa digunakan untuk obat-obatan herbal, bahan memasak dan kecantikan. 

Selain itu saffron terdapat banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah.

Saffron tumbuh di negara Iran dan Kashmir, saffron terbilang mahal di dunia. Sebanyak 450 gram saffron berkualitas baik bisa dihargai US$5 ribu atau sekitar Rp70 juta. Tetapi dengan harganya yang terbilang mahal ini banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan, wajah dll.

Saffron juga memiliki manfaat anti-inflamasi yang menyegarkan kulit, menenangkan kulit, mengurangi kemerahan, anti-jamur yang sangat bagus digunakan untuk kulit berminyak, mengurangi jerawat dan bruntus pada wajah. Jika kamu ingin mencoba saffron untuk kecantikan kulit wajahmu,

pilihlah saffron yang berkualitas dan sudah terpercaya asli. Saffron dengan kualitas terbaik, memiliki warna merah tua dengan ujung berwarna oranye.
Berikut Celebrities.id telah merangkum 10 manfaat saffron untuk wajah dan kecantikan agar kulit celebhitz semakin glow up. Yuk simak dibawah ini langsung!

Menghilangkan Bekas Jerawat/Bruntus

Kulit berjerawat/bruntus sangat mengganggu wajah, maka menggunakan saffron dipercaya dapat mengatasi bekas jerawat/bruntus. Manfaat saffron untuk wajah yang satu ini lebih optimal jika mencampurkannya dengan susu. Sebab susu dapat mengangkat sel kulit pada wajah.

Cara menggunakan saffron untuk mengatasi bekas jerawat/bruntus ; rendam helaian saffron dalam susu. Biarkan saffron meresap dengan susu selama kurang lebih 2 jam. Lalu oleskan susu di bagian wajah dan leher, diamkan selama 10-15 menit. Atau bisa praktis juga dengan mengompres wajah yang berjerawat/bruntus dengan kapas yang sudah di semprotkan spray saffron lalu didiamkan beberapa menit, lakukan dengan rutin akan terlihat hasilnya.

Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit yang kusam tidak bercahaya, pastinya tidak percaya diri, kamu bisa menggunakan saffron untuk mengembalikan rona alami agar kulit wajah berseri kembali. 

Kamu perlu menyiapkan 3-4 helai saffron dan 1 sendok makan minyak zaitun. Bisa juga bisa digunakan sebagai masker overnight di malam hari, lalu membilasnya dengan air bersih pada keesokan paginya. Atau cara praktisnya cukup rajin menyemprotkan spray saffron ke wajah sehari 4 kali. 

Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Menghilangkan noda/flek hitam diwajah butuh waktu yang tidak sebentar, Saffron memiliki manfaat yang banyak untuk wajah. Caranya kamu perlu mencampurkan 2-3 helai saffron dengan 1 sendok makan madu, bila sudah tercampur menjadi satu bisa digunakan sebagai masker wajah dengan memijatnya secara perlahan gerakan memutar searah jarum jam. 

Diamkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air bersih. Kini sudah banyak masker wajah dengan varian saffron kamu juga bisa menggunakannya dengan rutin maka noda/flek hitam akan menghilang.

Mengurangi Iritasi Kulit

Saffron yang terdapat kandungan antioksidan crocin, crocetin, dan kaempferol yang juga bermanfaat sebagai zat anti radang. Memiliki manfaat yang banyak untuk mengurangi iritasi wajah karena bahan kimia berbahaya pada makeup/skincare yang tidak cocok pada kulit wajahmu. Menurut sebuah hasil penelitian, zat anti radang tersebut dapat membantu mengurangi iritasi, ruam, dan pembengkakan pada kulit.

Untuk penggunaannya, kamu bisa membuat saffron menjadi masker dengan mencampur susu, atau membeli masker saffron yang sudah banyak dijual di pasaran, dan jangan lupa rutin menyemprotkan spray saffron ke wajah juga bisa mengurangi iritasi kulit mu lho.

Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Paparan sinar UV dapat menyebabkan kemerahan dan nyeri di wajah,sebuah studi mengatakan jika salah satu manfaat saffron bisa menjadi pelindung wajah dari paparan sinar ultraviolet. Adanya senyawa antioksidan, seperti kaempferol dan quercetin yang terdapat dalam saffron dapat mampu menangkal efek samping paparan sinar ultraviolet.

Cara yang simple sekarang yang simple kamu cukup menggunakan masker wajah saffron, spray saffron, serum atau jenis lainnya yang terdapat kandungan saffron bisa menjadi pelindung wajah dari paparan sinar UV yang jahat.

Mengatasi Peradangan Kulit Wajah

Peradangan pada kulit wajah terasa tidak nyaman karena menjadi kemerahan, gatal, perih atau bersisik kering. Saffron yang bersifat memiliki antioksidan crocin dapat mengatasi peradangan kulit wajahmu. Selain itu, sebuah penelitian pada hewan yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients melaporkan, crocin bahkan ampuh mengatasi dermatitis atopik pada tikus. 

Untuk kamu yang sedang merasakan peradangan kulit, yuk cepat mengatasinya dengan rangkaian skincare dari saffron agar tidak berkelanjutan berbahaya.

Mengurangi Pigmentasi Kulit

Saffron sangat berperan penting untuk kecantikan kulit wajah, yang  dapat mengurangi pigmentasi kulit, seperti flek hitam, dan noda pada kulit bekas jerawat yang sulit hilang. Pigmentasi kulit terjadi karena jaringan parut, paparan sinar matahari, dan perubahan hormonal.

Cara mendapatkan manfaatnya terbilang mudah, kamu hanya perlu merendam beberapa helai saffron dalam air bersih. Kemudian tambahkan 2 sdm bubuk kunyit sampai membentuk pasta. Selanjutnya tinggal oleskan pada kulit yang mengalami pigmentasi. terjadi saat kulit menjadi lebih gelap dibanding kulit di sekitarnya. Hal ini disebabkan oleh pigmen yang berlebih (melanin). 

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Tropical Journal of Pharmaceutical Research menyatakan, senyawa crocin mampu menurunkan melanin. Kandungan tersebut bisa menekan tirosinase, yaitu enzim penting untuk memproduksi melanin. Makin sedikit melaninnya, semakin kecil resikonya untuk mengalami pigmentasi kulit.

Menjadi Antioksidan Untuk Mencegah Penuaan Dini

Alasan saffron sangat disarankan dalam dunia kecantikan karena memiliki kandungan saffron memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan crocetin, kaempferol, crocin dan safranal juga sangat ampuh mencegah zat radikal bebas menempel pada kulit. Paparan radikal bebas dapat membuat kulit wajahmu mengalami kerusakan sel-sel kulit wajah. Hal ini perlu dicegah agar tidak terjadinya penuaan dini pada kulit mu. 

Jadi upaya untuk anti-aging kamu bisa menggunakan masker saffron setiap hari, atau rangkaian produk kecantikan dari saffron yang sudah banyak merekomendasi dari berbagai produk terbaik.

Mengatasi Mata Panda

Mata panda sangat mengganggu kecantikan alami yang disebabkan karena terlalu sering begadang, stress atau hal lain yang mengakibatkan timbul lingkaran hitam dibawah mata atau tepatnya kantung mata, sehingga wajah terlihat lelah. Cara mengatasi mata panda di sekitar mata bisa menggunakan saffron.Kamu hanya perlu menyiapkan 2-3 helai saffron dan 2 sendok makan air. Kemudian, lakukan cara membuat masker saffron untuk mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata berikut ini. 

Rendam saffron dalam air semalaman. Kemudian, pada keesokan paginya, haluskan saffron sampai lembut dan larut sepenuhnya dengan air. 
Oleskan pada area bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit. 

Jika sudah, bilas dengan air bersih.

Jika kamu ingin cara yang simple cukup gunakan spray saffron yang disemprotkan di kapas lalu tempelkan di bawah mata pandamu, lakukan secara rutin akan terlihat hasilnya.

Bunga Saffron Untuk Toner Atau Face Mist

Kecantikan wajah tidak asing lagi dengan kombinasi saffron atau air mawar di dalamnya, karena keduanya memiliki manfaat alami untuk kulit wajah kamu dan dapat menyegarkan kulit wajah kamu dan membantu meratakan tekstur kulit wajah.

Air mawar yang sudah lama juga menjadi kombinasi rangkaian kecantikan, di dalamnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dengan saffron, yaitu seperti anti inflamasi, menambah kelembaban, menenangkan kulit, mengatasi jerawat, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut cara membuatnya :

100 ml air mawar

5 helai saffron (kamu dapat menambahkan atau mengurangkan helai saffron sesuai dengan kebutuhan kulitmu)

Tuangkan 100ml air mawar ke dalam botol semprot atau botol toner yang kamu punya kemudian tambahkan helai saffron kedalam botol. Biarkan terendam selama 1-2 hari, semakin kamu lama membiarkannya akan semakin baik.

Ketika sudah jadi bisa kamu gunakan menjadi base toner, campuran masker wajah, face mist sebelum makeup atau sesudah makeup. Jika rutin digunakan akan memberikan kesegaran di wajah dan menangkan sepanjang hari.
 

Editor : Simon Iqbal Fahlevi