11 Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya, Mudah dan Sederhana!

Michael Julius Figun
Kamis 18 November 2021 15:53 WIB
11 Manfaat Timun untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya, Mudah dan Sederhana!
Manfaat Timun untuk Wajah. (Foto: celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat timun untuk wajah tentu sangat tidak asing di bidang kecantikan alami. Timun pada dasarnya memiliki kandungan mineral serta vitamin yang bermanfaat untuk wajah. Vitamin C, vitamin A, dan asam kafeik yang berguna mencegah virus bahkan kanker sekaligus. 

Kandungan nutrisi yang ada pada timun menjadikannya sebagai alternatif kecantikan, sama halnya dengan lidah buaya. Manfaat timun untuk wajah sangat beragam dan memiliki cara pemakaian yang tentunya mudah dan sederhana.

Berikut Celebrities.id telah merangkum 11 manfaat timun untuk wajah dan cara pemakaiannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Mengatasi Kulit Berjerawat

Masalah utama yang sering muncul pada wajah adalah jerawat. Timun mampu mencegah serta mengatasi kulit berjerawat. Sifat dari asam kafeik akan bekerja efektif untuk membersihkan wajah dari kuman dan virus penyebab jerawat. Manfaat timun untuk wajah yang pertama ini tentu akan efektif jika penggunaan rutin dan tidak berlebihan

Campuran air timun dengan masker wajah cukup mampu menghilangkan masalah jerawat. Cara lainnya adalah membuat jus timun yang dikonsumsi 2-3 kali dalam seminggu. 

Mengatasi Kulit Terbakar

Manfaat timun untuk wajah yang berikutnya yakni untuk kulit yang terbakar. Timun ataupun lidah buaya memiliki zat anti radang yang membuatnya dapat mengatasi kulit yang telah terbakar karena paparan matahari. 

Kandungan air yang banyak dalam timun juga menjadikannya sebagai obat alami untuk kulit terbakar. Rasa dingin membuat timun menjadi nyaman ketika digunakan pada kulit terbakar dan mempercepat proses penyembuhan. Toner ataupun masker merupakan cara untuk dapat merasakan manfaat timun untuk wajah.

Mencegah Penuaan

Timun yang memiliki asam kafeik atau dengan kata lain mempunyai efek antioksidan, dapat mencegah penuaan. Antioksidan ini nantinya akan bermanfaat untuk wajah yang mengalami kerutan karena penuaan. Manfaat timun untuk wajah yang satu ini juga menjaga kulit wajah untuk tetap kencang.

Cara yang dilakukan juga cukup mudah dan sederhana yakni dengan menggunakan timun sebagai masker atau toner. Masker sebelumnya dibuat dan dicampur bersamaan dengan putih telur serta timun yang telah dihaluskan.

Mengatasi Mata Panda atau Bengkak

Sering begadang dan kurang tidur membuat kulit disekitar mata menjadi lebam ataupun berkantung. Hal itu terjadi karena adanya pembuluh darah yang membengkak karena aktivitas berlebihan yang dilakukan seperti menatap laptop terlalu lama. Manfaat timun untuk kulit ini sangat cocok untuk mengurangi kehitaman disekitar mata ataupun pembengkak mata.

Timun mampu mengatasinya dengan menaruhnya di mata selama beberapa menit. Perawatan ini perlu dilakukan secara rutin bersamaan dengani pola kehidupan yang sehat.

Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit juga termasuk ke dalam manfaat timun untuk wajah yang selanjutnya. Timun bekerja sebagai pengganti sel yang mati bersamaan dengan vitamin yang mampu melakukan tugas tersebut. 

Timun yang dihancurkan dan dijadikan sebagai masker untuk mendapatkan manfaat timun yang maksimal. Fokus dalam pencerahan wajah ini adalah black spot yang seringkali kita temukan. Black spot ini merupakan sel-sel mati yang akan diperbaiki ketika perawatan timun ini dilakukan.

Pencegahan untuk Dehidrasi Kulit

Dehidrasi kulit merupakan permasalah pertama sebelum kulit menjadi keriput, jerawat, iritasi dan segala masalah kulit lainnya. Dehidrasi kulit adalah kekurangan cairan pada permukaan kulit. 

Manfaat timun untuk wajah yang satu ini tentu akan efektif. Perlu diingat timun merupakan bahan yang 95% mengandung air dan ampuh untuk mencegah hidrasi terjadi. Cukup sederhana untuk mengaplikasikannya yakni dengan cara menjadikan timun ini jus dan dikonsumsi secara teratur 2-3 kali dalam seminggu.

Meminimalisir Kulit Berminyak

Kulit berminyak selalu menjadi masalah yang umum pada wajah. Manfaat timun untuk wajah tentu akan mengurangi minyak yang berlebih sehingga mengganggu produktifitas.

Caranya mudah yakni haluskan timun dan campurkan bersama dengan yoghurt tawar dan jadikan masker. Diamkan selama 7 menit lalu dibilas. 

Menyegarkan Kulit

Kulit tampak kusam dan terlihat tidak segar merupakan masalah yang dapat diselesaikan dengan penggunaan timun. Timun memang punya segudang manfaat terutama pada kulit wajah yang bermasalah.

Penggunaan toner timun menjadi manfaat yang bisa kalian rasakan. Toner ini meregenerasi kulit yang bertujuan menyegarkan kulit. Toner digunakan sebelum tidur dan hanya dipakai 2 kali dalam seminggu.

Mengatasi Iritasi Kulit

Iritasi pada wajah seringkali ditemukan karena perawatan yang tidak teratur maupun penggunaan bahan yang tidak alami. Timun merupakan bahan alami dan mudah untuk ditemukan.

Manfaat timun untuk wajah berikutnya adalah mengatasi iritasi kulit dengan kandungan vitamin, antioksidan, dan antiradang yang bekerja bersamaan ketika digunakan dengan cara masker, jus, ataupun toner.

 Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Sifat astringent pada timun mampu mengecilkan pori-pori wajah. Pori-pori wajah yang membesar seringkali menjadi gudang dari masalah kulit wajah. Pori-pori wajah yang kecil menjadikan kulit terlihat lebih kencang dan tidak mudah terkena kotoran dari luar.

Hancurkan timun dan campurkan ke dalam air lalu semprotkan pada wajah. Campuran tersebut ada baiknya diletakkan di lemari es untuk mendapatkan sensasi dingin dan nyaman.

Mengatasi Ruam pada Kulit

Manfaat timun untuk wajah yang terakhir adalah mengatasi ruam pada kulit. Ruam pada kulit dapat dikembalikan secara alami oleh timun. Ruam terjadi karena iritasi ataupun bekas luka yang sering ditemukan pada kulit wajah yang bermasalah.

Caranya adalah menjadikan timun tersebut masker dan harus dicampurkan dengan air lemon. Kedua kandungan timun dan lemon akan beraksi pada sel-sel mati ataupun kotoran yang ada di wajah. Lakukan 7-10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Inilah 11 Manfaat timun untuk wajah yang dapat mencegah permasalah kulitmu. Pada dasarnya hal di atas tetap harus dilakukan bersamaan dengan pola kehidupan yang sehat seperti tidak meminum minuman beralkohol, olahraga, serta pola makan yang sehat. Semoga bermanfaat celebhitz!
 

Editor : Simon Iqbal Fahlevi