8 Manfaat Tomat untuk Wajah, Menyembuhkan Jerawat dan Bikin Kulit Kenyal

Laras Dwi Sasmita
Jumat 13 Agustus 2021 07:56 WIB
8 Manfaat Tomat untuk Wajah, Menyembuhkan Jerawat dan Bikin Kulit Kenyal
Salah satu manfaat tomat untuk wajah adalah menyembuhkan jerawat. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat tomat untuk wajah banyak sekali yang bisa dirasakan khasiatnya. Tomat mengandung vitamin yang bagus untuk merawat kulit.

Tomat juga menjadi sumber yang kaya antioksidan dikenal sebagai likopen. Sehingga memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti risiko penyakit jantung dan kanker. 

Tomat memiliki sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium dan folat yang kuat. Ini membuat tomat sangat baik untuk membuat kulit mejadi lebih sehat dan cerah. 

Melansir Urbancompany, Jumat (13/8/2021), terdapat delapan manfaat tomat yang dapat menjaga kesehatan kulit wajah. 

1. Mencerahkan kulit

Berkat sejumlah besar antioksidan dan vitamin C, tomat dapat digunakan untuk memutihkan wajah karena bertindak sebagai zat pemutih alami. Mengaplikasikan tomat pada wajah membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam. Jadi jika ingin wajah lebih cerah, harus mempertimbangkan tomat untuk memutihkan kulit. 

2. Menyembuhkan jerawat 

Bagi alami dan bebas bahan kimia banyak dijadikan jalan alternatif untuk menyembuhkan jerawat. Hal dapat ditemukan dalam tomat, buah alami ini berguna untuk mengobati jerawat. 

Keasaman jus tomat membantu jerawat karena ampasnya yang bersifat antibakteri dan antijamur. Tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C, sangat berguna untuk mengoleskan tomat untuk jerawat. 

3. Mengurangi sifat berminyak

Karena tomat secara alami bersifat asam, mereka menyeimbangkan tingkat ph kulit dan memerangi produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Jadi, mengoleskan tomat sangat bagus untuk menyeimbangkan kulit berminyak, sehingga sangat cocok digunakan bagi para wanita yang memiliki masalah kulit wajah yang terlalu berminyak. 

Hal ini juga berguna untuk menghindari tumbuhnya tanda-tanda jerawat. 

 

1
/
2