Manfaat Vaksin Booster Kedua, Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 

Icon CameraKevi Laras
Kamis 26 Januari 2023 06:41 WIB
Manfaat Vaksin Booster Kedua, Bisa Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 
Manfaat vaksin booster kedua. (Ilustrasi: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Indonesia telah membuka vaksin booster kedua sebagai perkuatan imun bagi pencegahan virus Covid-19. Meski demikian, banyak masyarakat yang masih abai dalam melakukan vaksin tersebut. Padahal, vaksin booster kedua memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. 

Ahli epidemiolog Prof. Pandu mengatakan booster dapat meningkatkan sistem kekebalan (antibodi) seseorang, dalam melawan virus (Covid-19). Bahkan antibodi bisa meningkat dua kali lipat, dibandingkan yang hanya melakukan vaksinasi dosis satu dan dua. 

"Bagi yang dibooster jauh lebih tinggi dua kali dari mereka yang sudah dosis 1 dan 2. Supaya lonjakan pertahanan tubuh kita bisa diandalkaan itulah kenapa booster penting," tutur Ahli Epidemiolog UI, Prof. dr. Pandu Riano  dalam Seminar Publik Dukung Vaksinasi Booster, Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Melihat tingginya manfaat vaksin booster kedua tersebut, Kementerian Kesehatan mendorong segera datang fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) terdekat untuk mendapakannya. 

Sebagai informasi, program vaksinasi booster kedua Covid-19 bagi masyarakat umum yang sudah  usia 18 tahun ke atas dimulai pada 24 Januari 2023 secara serentak di seluruh Indonesia. 

"Bagi masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, segera datang ke fasyankes atau pos vaksinasi terdekat di daerah masing-masing,” kata Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Muhammad Syahril dikutip dari Sehat Negeriku laman Kemenkes, Kamis (26/1/2023). 

Menurutnya, pemberian booster kedua ini dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi untuk meningkatkan titer antibodi dan memperpanjang perlindungan. Hal ini sesuai dengan Imendagri Nomor 53 Tahun 2022 Tentang Pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada masa transisi menuju endemi. 

Sementara mekanisme pemberiannya tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum yang ditetapkan pada 20 Januari 2022. 

"Dengan demikian, target minimal 70 persen masyarakat sudah mendapat dosis primer lengkap dan minimal 50 persen masyarakat sudah mendapat vaksinasi dosis booster dapat segera tercapai,” ujarnya.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News