Mantan Nelayan di Indramayu Sulap Limbah Perahu Jadi Karya Seni Bernilai Tinggi

Andrian Supendi
Minggu 31 Juli 2022 23:06 WIB
Mantan Nelayan di Indramayu Sulap Limbah Perahu Jadi Karya Seni Bernilai Tinggi
Mantan nelayan di Indramayu sulap limbah perahu jadi karya seni. (Foto: celebrities.id/Andrian Supendi)

INDRAMAYU, celebrities.id - Limbah perahu adalah sampah yang dihasilkan dari sisa-sisa produksi perahu. limbah yang dihasilkan di antaranya berupa serpihan fiber, cor perahu, dan tambang bekas.

Oleh masyarakat sekitar, limbah-limbah itu dianggap tak berharga, selain tidak laku jika dijual, limbah tersebut juga tidak dapat didaur ulang.

Namun di tangan Sukarto (46), warga Pabeanudik, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, limbah perahu ini justru dapat dijadikan sebuah karya seni yang indah. 

Tak hanya limbah perahu, cangkang kerang laut buangan dari para nelayan pun dia sulap menjadi barang-barang yang bernilai jual tinggi.

"Dari pada limbah perahu ini berceceran di laut ataupun sungai karena tidak laku jika dijual di tukang rongsokan, jadi saya coba jadikan karya seni," kata Sukarto kepada MNC Portal Indonesia (MPI), di kediamannya, Minggu (31/7/2022).

Sukarto mengatakan, karya seni yang dia hasilkan dari bahan limbah itu diantaranya adalah asbak, hiasan dinding, serta sarung dan gagang pedang.

"Karena modal saya terbatas, jadi saya membuat barang-barang ini berdasarkan pesanan saja. Jika ada yang memesan baru saya bikinkan. Bentuknya apa saja sesuai permintaan pemesan. Satu barang saya jual Rp200 ribu," kata dia.

 

1
/
2