Marah dan Kecewa adalah Hal yang Manusiawi, Baca Doa Ini agar Tidak Larut dalam Kesedihan 

Novie Fauziah
Kamis 28 April 2022 04:30 WIB
Marah dan Kecewa adalah Hal yang Manusiawi, Baca Doa Ini agar Tidak Larut dalam Kesedihan 
Inilah doa yang dianjurkan dibaca ketika merasa sedih, termasuk putus cinta. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Perasaan menahan marah, kecewa hingga sedih merupakan hal manusiawi yang bisa menghampiri setiap manusia. Rasulullah SAW pun mengingatkan, jangan terlalu larut ketika hal tersebut datang.

"Agar tidak larut dalam kesedihan, saya sarankan untuk baca doa," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Mamba'ul Hisan Carangkembang, Doko, Blitar, Jawa Timur, Ustadz Imam Safi’i saat dihubungi MNC Portal, beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah doa yang dianjurkan dibaca ketika merasa sedih, apalagi putus cinta:

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْبُخُلِ وَالْجُبْنِ وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِالدَّيْنِ وَقَهْرِالرِّجَالِ . رَوَاهُ البُخَارِي

Allahumma inni a'uzu bika minal hammi wal huzni wa a'udzu bika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzu bika minal bukhli wal jubni wa a'udzu bika min gholabatid daini wa qohrir rijaal

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal yang menyedihkan dan menyusahkan, sifat lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan utang dan penindasan orang"

Doa di atas menjelaskan bahwa manusia adalah hamba dan makhluk yang lemah. Lantaran itu, apapun yang terjadi harus disikapi dengan keadaan sadar dan tawakal kepada Allah.

 "Bahwa semua yang terjadi di muka bumi ini menjadi kehendak Allah, manusia hanya bisa berikhtiar," katanya.

Lebih lanjut, Ustadz Imam bilang, doa tersebut bersifat multifungsi, yakni bisa dibaca di berbagai situasi dan kondisi. Misalnya sedang kesulitan dalam perekonomian maka bisa mengamalkan doa tersebut dengan sering-sering membacanya.

 

1
/
2