Marc Marquez Berpeluang Pindah ke Ducati, jika Motor Honda Tidak Sesuai Harapan di MotoGP 2023

Icon CameraMaulana Yusuf
Minggu 13 November 2022 10:01 WIB
Marc Marquez Berpeluang Pindah ke Ducati, jika Motor Honda Tidak Sesuai Harapan di MotoGP 2023
Marc Marquez berpotensi pindah Ducati jika motor Honda tak sesuai harapannya di musim MotoGP 2023. (Foto: celebrities.id/Instagram @marcmarquez93)

MADRID, celebrities.id - Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez memang tengah kecewa dengan motornya. Dia pun disebut bisa saja bergabung dengan Tim Ducati jika pada MotoGP 2023 Honda tidak memberikan motor yang sesuai keinginan pembalap berjuluk The Baby Alien itu.

Hal itu diungkapkan oleh mantan manajer Marc Marquez, Emilio Alzamora. Menurutnya, The Baby Alien akan selalu menarik bagi Ducati untuk merekrutnya. Namun, mereka tidak benar-benar membutuhkannya seperti sebelumnya.

Seperti diketahui, bintang Repsol Honda itu melewatkan sebagian besar kesempatan di MotoGP 2022 karena rehabilitasi usai menjalani operasi lengan besar keempatnya. Meski begitu, Marquez masih menjadi pebalap dengan posisi tertinggi di klasemen MotoGP di kalangan rider Honda.

Namun, tak dimungkiri jika MotoGP 2022 jadi tahun mengerikan bagi Honda. Pasalnya, mereka menjalani balapan tanpa mencetak satu poin pun untuk pertama kalinya dalam 40 tahun. Hal itu tidak boleh terulang jika Marquez ingin menjaga peluang untuk menantang gelar juara ketujuh pada 2023.

Akan tetapi, jika kecemerlangan bintang asal Spanyol itu tidak sebanding dengan mesin motornya, Alzamora menyebut Marquez akan mencari di tim lain yakni Ducati. Hal itu pun bergantung apakah Honda bisa memberikan motor terbaik sesuai keinginan Marquez atau tidak di musim 2023.

“Itu semua akan tergantung pada Honda. Jika mereka membangun motor untuk memenangkan kejuaraan dunia, tidak apa-apa, tapi Marc pada dasarnya adalah pemenang, dia di sini hanya untuk memenangkan kejuaraan dunia,” kata Alzamora, dilansir dari Crash, Minggu (13/11/2022).

“Jika sesuatu tidak membaik setelah dua tahun itu, saya pikir Marc akan berubah pikiran (pindah ke Ducati). Ducati telah melakukan pekerjaan yang hebat. Dengan Gigi Dall'Igna mereka mengambil langkah maju yang besar dari sudut pandang teknis, dengan Paolo Ciabatti mereka melakukan lebih banyak hal," ujar Alzamora. 

Sebagaimana diketahui, Ducati memiliki motor yang yang kompetitif. Hal yang mengesankan adalah mereka memiliki delapan motor di lintasan dengan tim yang kuat, mereka membuat kontrak dengan para pebalap yang muda dan kuat.

"Tapi saya pikir akan selalu ada minat pada Marc, tapi saat ini mereka tidak terlalu membutuhkannya seperti sebelumnya," tuturnya.

Editor : Lisvi Padlilah