Marc Marquez Ingin Honda Tingkatkan Kemampuan Motor, Siap Ambil Risiko

Icon CameraAndhika Khoirul Huda
Selasa 15 November 2022 09:00 WIB
Marc Marquez Ingin Honda Tingkatkan Kemampuan Motor, Siap Ambil Risiko
Marc Marquez jengkel dengan Honda, ingin kualitas motornya ditingkatkan lebih. (Foto: celebrities.id/Instagram @marcmarquez93)

MADRID, celebrities.id – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, rupanya kesal dengan tunggangannya saat ini. Marquez pun menuntut timnya mengambil lebih banyak risiko untuk memberikan motor yang lebih baik untuknya di MotoGP 2023.ย 

Marc Marquez bahkan menggambarkan langkah ekstrem pun tak masalah jika diambil demi performa motor. Dia tak peduli jika ban belakang kuda besinya diletakkan di depan atau sebaliknya.

Sebagaimaan diketahui, pembalap The Baby Alien itu ย telah mencicipi RC213V 2023 dalam uji coba di Valencia pada pekan lalu. Akan tetapi, kakak Alex Marquez itu merasa Honda belum bisa memberinya performa motor yang memuaskan setelah menjadi satu-satunya tim pabrikan yang tidak menang di MotoGP 2022.

Juara MotoGP enam kali itu menilai motornya memang punya perbedaan dibanding dua edisi sebelumnya. Namun menurutnya, kuda besinya masih butuh banyak peningkatan, baik dari segi tenaga mesin dan juga stabilitas pengereman.

Dia pun optimistis, masih ada waktu tiga bulan bagi tim berlogo sayap emas itu melakukan peningkatan sebelum tes di Malaysia pada Februari tahun depan. Bintang asal Spanyol itu pun berharap para insinyur Honda di Jepang mau mengambil risiko dan membuat perubahan yang lebih radikal untuk meningkatkan performa motornya meski menurutnya saat ini masih belum memungkinkan.

ย 

"Kami bisa mengambil risiko jika tahu arahnya, tapi saya tidak yakin saat ini. Saya pikir itu kurang lebih jelas bagi mereka (para insinyur Honda di Jepang), tetapi kami tidak dapat mencobanya,” kata Marquez dilansir dari Speedweek, Selasa (15/11/2022).

“Kami dapat mengambil sedikit risiko karena tentu saja kami hanya memiliki satu kesempatan ini ย (di tes Malaysia) karena motor yang diuji di Malaysia akan jadi yang saya gunakan selama balapan sepanjang tahun. Saya mengatakan kepada mereka bahwa saya tidak peduli jika mereka meletakkan roda belakang di depan dan sebaliknya, saya hanya ingin motor yang lebih baik atau yang ada di level untuk bisa menang,” ucapnya.

Kendati demikian, pembalap berusia 29 tahun tersebut masih punya harapan besar untuk Honda. Dia percaya timnya sedang bekerja keras untuk terus memberikan pengembangan yang bagus untuk RC213V 2023.

Pada tes di Valencia sendiri, Marquez hanya mampu berada di posisi ke-13. Catatan waktunya berselisih 0,644 detik dari sang pembalap tercepat, yakni Luca Marini dari Mooney VR46, yang membukukan waktu di angka 1 menit 30,032 detik.

Editor : Lisvi Padlilah