7 Resep Masker Wajah Alami untuk Semua Masalah Kulit

Rianti Dea Rizky Pratiwi
Selasa 11 Januari 2022 17:15 WIB
7 Resep Masker Wajah Alami untuk Semua Masalah Kulit
Masker wajah alami untuk semua masalah kulit. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Masker wajah lebih dari sekedar memberikan rasa nyaman, tapi juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari kulit kering, flek hitam, hingga pori-pori besar dan wajah berjerawat. Ada banyak merk masker yang dijual di pasaran, tapi masker wajah alami juga bisa dijadikan pilihan.

Sama seperti serum dan pelembab, masker wajah merupakan bagian penting dari serangkaian perawatan kulit. Masker berbahan alami mengandung vitamin, nutrisi, serta zat aktif tinggi yang sangat terkonsentrasi ke kulit untuk meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan.

Berikut daftar jenis dan cara membuat masker wajah alami untuk berbagai masalah kulit yang bisa dibuat di rumah:

Cara membuat masker wajah alami untuk berbagai masalah kulit

Ada banyak bahan alami yang bisa dijadikan bahan masker wajah. Masing-masing bahan memiliki kandungan berbeda sehingga memberikan manfaat yang berbeda pula setelah rutin diaplikasikan.

Inilah beberapa contoh masker wajah dari bahan-bahan alami untuk berbagai kondisi kulit yang bisa dibuat sendiri di rumah (DIY):

1. Masker untuk kulit yang sedang berjerawat

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit paling umum dan pasti terjadi pada setiap orang. Jerawat akan tumbuh dan berkembang saat pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati, minyak berlebih, bakteri, sisa make up, dan kotoran lainnya.

Salah satu sumber alami yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat adalah protein dalam putih telur. Cara membuat masker wajah alami dari putih telur untuk mengatasi jerawat adalah sebagai berikut:

•    Siapkan 1 putih telur dalam mangkuk.
•    Tanpa perlu dikocok, langsung celupkan kapas bersih ke putih telur dan tempelkan kapas ke wajah terutama area yang berjerawat selama 10-15 menit.
•    Ambil kain bersih, celupkan ke air hangat dan gunakan untuk membersihkan wajah.

2. Masker untuk kulit kering

Kulit yang terlalu kering akan terasa tidak nyaman, make up tidak bisa menempel sempurna, dan memicu garis-garis halus lebih cepat terlihat yang berarti tanda-tanda penuaan muncul lebih cepat. 

Kondisi kulit seperti ini membutuhkan masker yang bermanfaat untuk menghidrasi dan mengunci kelembaban. 

Cara membuat masker untuk mengatasi kulit kering adalah seperti berikut:

•    Siapkan setengah mentimun ukuran sedang dan haluskan.
•    Campur mentimun dengan 2 sdm gel lidah buaya.
•    Aduk rata dan oleskan ke wajah.
•    Diamkan 30 menit dan bilas wajah dengan air.

 

1
/
5