10 Masker Wajah untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami

Laras Dwi Sasmita
Jumat 30 Juli 2021 14:47 WIB
10 Masker Wajah untuk Kulit Berminyak dari Bahan Alami
Kurangi wajah berminyak dengan menggunakan masker. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Masker wajah untuk kulit berminyak sangat berperan penting dalam perawatan. Apalagi bagi Celeb Hitz yang merasa wajah berminyak ini sangat mengganggu penampilan. 

Kulit berminyak sudah menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum dihadapi oleh orang-orang di seluruh dunia. Alasan di balik kulit berminyak, yaitu produksi sebum yang berlebihan, zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar sebaceous. 

Kelebihan sebum akan menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya, seperti pori-pori tersumbat dan jerawat. Jadi, sangat penting untuk menyingkirkan kulit berminyak. 

Rekomendasi masker wajah untuk kulit berminyak yang bisa cegah jerawat

Terdapat metode rumah yang menggunakan bahan-bahan alami bebas kimia yang aman untuk kulit. Melansir Fitnesshealthforever, Jumat (30/7/2021), berikut 10 masker wajah untuk kulit berminyak berbahan alami. 

1. Masker Wajah Multani Mitti

Multani membantu dalam menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit. Air mawar adalah toner, pelembap, dan pembersih yang bagus untuk kulit kita. Sifat jeruk lemon menjadikannya obat yang bagus untuk kulit berminyak. 

Untuk membuat masker wajah ini membutuhkan 2-3 sdm multani mitti, 2 sdm air mawar, dan 1 sdm jus lemon. Campur semua bahan dalam mangkuk kecil untuk membuat pasta dan oleskan pada wajah selama 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dan keringkan.

2. Masker Wajah Lemon dan Yogurt

Lemon memiliki asam sitrat yang dapat membantu mengendalikan produksi minyak kulit, sekaligus mengencangkan pori-pori dan kulit. Di sisi lain, yogurt adalah sumber asam laktat yang bagus, yang membantu membersihkan kulit. Oleh karena itu, kombinasi keduanya bekerja efektif untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit. 

Untuk membuat masker ini, campurkan yogurt dan jus lemon dalam jumlah yang sama dalam mangkuk kecil. Oleskan pada wajah dan biarkan selama setidaknya 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

3. Masker Wajah Kulit Jeruk

Masker wajah alami dari kulit jeruk dapat dijadikan salah satu solusi paling bermanfaat untuk kulit berminyak. Ini membantu menghilangkan minyak berlebih, membuat kulit menjadi lebih berkilau, halus, dan indah. Selain itu, sangat efektif untuk membuka blokir pori-pori, mencegah jerawat, menghilangkan bekas luka, dan menghilangkan komedo. 

Untuk membuat masker wajah ini, perlu mengeringkan beberapa kulit jeruk dibawah bayangan dan kemudian menggilingnya untuk membuat bubuk. Kemudian, campur bubuk dengan air atau yogurt untuk membuat pasta yang halus. Setelah itu, oleskan pasta ini pada wajah dan biarkan selama 10-20 menit, lalu keluarkan menggunakan air.

 

1
/
3