Masyaallah! Calon Jemaah Haji Aceh Dapat Dana Wakaf Rp6 Juta per Orang di Makkah

Dani Adil
Rabu 22 Juni 2022 06:40 WIB
Masyaallah! Calon Jemaah Haji Aceh Dapat Dana Wakaf Rp6 Juta per Orang di Makkah
Para jemaah Haji asal Aceh mendapat dana wakaf dari Baitul Asyi sejumlah Rp6 juta per orang. (Foto: MPI/Dani Adil)

MAKKAH, celebrities.id - Jemaah haji Indonesia asal embarkasi Aceh mendapat dana wakaf Baitul Asyi sebesar 1.500 Riyal atau sekira Rp6 juta di Makkah. 

Dana wakaf tersebut naik dari yang ditentukan sebelumnya yakni 1.200 Riyal atau setara Rp4,5 juta.

"Uang yang diterima tanpa potongan. Uang ini tolong dimanfaatkan dengan baik," kata Pembina Yayasan Wakaf Baitul Asyi Jamaluddin Affan di Hotel Shoqreyah, Raudah, Makkah, Selasa (21/6/2022).

Sementara, nazir Wakaf Baitul Asyi, Syaikh Abdul Latif Baltou meminta jemaah haji Indonesia memperbanyak ibadah selama di Makkah.

"Perbanyaklah salat, perbanyak zikir dan perbanyak puasa," ucap Syaikh Abdul Latif memberi pesan untuk jemaah haji yang menerima dana wakaf Baitul Asyi.

Para jemaah menerima dana wakaf saat tiba di penginapan masing-masing, setelah dua hari berada di Makkah.

Wakaf ini diserahkan langsung oleh pengurus dan diterima langsung para jemaah haji sebagai penerima tanpa boleh diwakili orang lain.

Jemaah haji asal Aceh menerima dana wakaf Rp6 juta dari Baitul Asyi di Makkah. (Foto: MPI/Dani Adil)

Wakaf Baitul Asyi ini merupakan wakaf Habib Bugak Asyi yang sekarang disebut wakaf Baitul Asyi atau wakaf rumah Aceh.

Wakaf yang usianya sudah 200 tahun lebih ini dulunya merupakan lembaga wakaf kecil. Namun, seiring waktu, badan wakaf ini terus berkembang menjadi wakaf produktif yakni berupa tanah, penginapan, dan unit usaha lain di Makkah yang bahkan ada di sekitaran Masjidil Haram.

Wakaf ini selalu diberikan kepada setiap jemaah haji asal provinsi berjulukan Serambi Mekkah itu ketika menunaikan ibadah haji.

Pada musim haji 2022, Kemenag Aceh memberangkatkan jamaah sebanyak 1.988 orang ditambah petugas sebanyak 34 orang, sehingga total 2.022 jemaah.

Semua jemaah akan diterbangkan dalam enam kloter, masing-masing kloter 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran.

Editor : Lisvi Padlilah