Masyarakat Indonesia Gemar Konsumsi Makanan Berminyak, Ini Pesan Dokter Jantung

Icon CameraKevi Laras
Kamis 19 Januari 2023 17:53 WIB
Masyarakat Indonesia Gemar Konsumsi Makanan Berminyak, Ini Pesan Dokter Jantung
Masyarakat Indonesia Gemar Konsumsi Makanan Berminyak, Ini Pesan Dokter Jantung. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Belum lama ini masyarakat dihebohkan dengan kuliner viral di media sosial bernama nasi minyak.

Sesuai namanya, kudapan ini banyak sekali mengandung minyak goreng lantaran terdapat topping kol yang digoreng.

Meski terasa nikmat, namun makanan ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya bagi tubuh. Tidak heran jika berbagai pihak pun ikut menyoroti nasi minyak tersebut, termasuk Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K), FIHA.

Dalam kesempatan tersebut, dia mengingatkan penggunaan minyak goreng idealnya cukup satu kali pakai. Bukan tanpa alasan, minyak goreng yang digunakan berkali-kali. Tentu kita tahu, minyak goreng akan berubah warna seperti yang tengah viral ini, ternyata bisa memicu kanker.

"Idealnya berapa kali untuk minyak goreng?, sekali saja karena kalau dua kali itu kan teroksidasi jadi mudah bisa menyebabkan kanker juga," ujar dr. Isman disela Keterangan Pers Terkait Mesin MSCT Scan di RSJ Harapan Kita, Kamis (19/1/2023)

Dalam penjelasannya, dr Isman menyarankan untuk menggunakan minyak goreng zaitun. Sebab minyak tersebut lebih sehat untuk dikonsumsi. Di sisi lain, dokter spesialis gizi dr Yohan Samudra mengatakan masyarakat Indonesia memang gemar konsumsi yang berminyak. Dia menilai makanan berminyak, baik gunakan minyak baru atau jelantah kurang sehat.

Selain memicu kanker, ternyata juga bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Dia juga menyoroti minyak goreng jelantah, ternyata masih diminati oleh masyarakat.

"Disayangkan ternyata masih banyak masyarakat yang mengikuti makanan-makanan yang viral tanpa menimbang baik dan buruknya terhadap kesehatan. Bahkan minyak jelantah yang harusnya dibuang malah dijual, laku pula," tutur dr Yohan saat dihubungi MNC Portal, Rabu (18/1/2023).

Sebelumnya, makanan berminyak viral dimulai dari unggahan video Tiktok akun @tiktok_kulineran yang diunggah ulang oleh akun Twitter @txtdrkuliner. Memperlihatkan satu kuliner yang dinamakan nasi minyak karena semua bahan berminyak.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News