Masyarakat Jepang Ogah Miliki Kendaraan Pribadi Gegara 3 Hal Ini, Nomor 1 Bikin Syok!

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Selasa 15 November 2022 16:50 WIB
Masyarakat Jepang Ogah Miliki Kendaraan Pribadi Gegara 3 Hal Ini, Nomor 1 Bikin Syok!
Ini alasan masyarakat ogah miliki kendaraan pribadi. (Foto: Reuters/Androniki Christoudoulou)

JEPANG, celebrities.id - Hampir setiap negara masyarakatnya memiliki kendaraan pribadi. Namun, hal itu tak berlaku di Jepang. Meski terkenal dengan industri otomotif, nyatanya masyarakat di Negeri Sakura itu ogah memiliki kendaraan pribadi. Nah, lho!

Mayoritas penduduk Jepang yang tinggal di kota-kota besar lebih memilih menjalani aktivitas mereka menggunakan transportasi umum. Khususnya kereta yang menjadi andalan, tapi banyak juga yang menggunakan bus atau bersepeda.

Lantas, apa yang menyebabkan masyarakat Jepang jarang menggunakan mobil pribadi atau tak ingin membeli mobil? Berikut beberapa alasan yang menjadi alasan penduduk di Negara Matahari Terbit itu jarang membeli mobil seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/11/2022):

1. Sertifikat Lahan Parkir

Berbeda dengan di Indonesia, membeli mobil di Jepang harus menunjukkan sertifikat lahan parkir atau sudah mempersiapkan tempat di mana akan memarkirkan kendaraan bagi yang tinggal di apartemen.

Hal ini diterapkan agar pemilik mobil tak sembarangan memarkirkan kendaraan, seperti di pinggir jalan, trotoar atau di jalan dengan lingkungan yang sempit.

2. Biaya Parkir Mahal

Dalam unggahan video pendek YtCrash, alasan lain masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk beraktivitas karena biaya parkir yang sangat mahal, bisa mencapai 800 Yen atau setara Rp84 ribu per jam.

 

1
/
2