Mbah Pencu dan Makam Suro, Urban Legend Super Mistis dari Blora

Heri Purnomo
Jumat 28 Mei 2021 10:49 WIB
Misteri Makam Suro banyak diceritakan kembali oleh warga, yaitu tentang penjual tempe bernama Mbah Samini yang tersesat di tengah area kuburan. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

BLORA, celebrities.id - Pemburu wisata mistis harus mampir ke sebuah desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Keangkeran desa tersebut bermula dari meninggalnya seorang kakek yang sangat menyayangi anjing peliharaannya.

Kisah Mbah Pencu mungkin tidak sepopuler kisah-kisah mistis urban legend seperti Si Manis Jembatan Ancol ataupun Nenek Gayung. Namun, warga desa asal kisah tersebut, yakni Desa Turirejo, Kecamatan Jepon, sangat menghormati sosoknya karena dianggap sebagai leluhur tanah tempat tinggal mereka.

Salah seorang warga setempat, Karno mengisahkan kembali tentang Mbah Pencu dan asal usul Makam Suro. “Konon Mbah Pencu punya dua ekor anjing sebesar macan yang mau dipukuli warga. Mbah Pencu memergoki dan melarang mereka,” ujarnya berkisah.

Supaya warga mengingat pesan tersebut, Mbah Pencu ingin agar dusun yang mereka tinggali dinamakan Suro yang berasal dari singkatan bahasa Jawa, ‘Asu Loro’ atau dua anjing. Wasiat tersebut dilaksanakan oleh warga. Saat sang kakek meninggal disusul pula kedua anjing setianya, makam tersebut ikut dinamakan sebagai Makam Suro.

Makam yang berjarak sekira 1,5 kilometer dari Pasar Jepon ini banyak dikaitkan dengan pengalaman mistis para peziarah lokal. Seperti diceritakan oleh Arif yang tengah berziarah ke makam mertuanya di area tersebut. 

“Dulu katanya sebelum ada lampu penerangan sekitar tahun 1990an, daerah situ gelap dan angker, jika sampai di jalanan turunan, banyak yang diganggu makluk gaib Glundung Pecengis (kepala menggelinding sambil tertawa),” katanya.

 

1
/
2