Melanie Putria Ceritakan Pengalamannya soal Olahraga, Bantu Atasi Mental Health

Icon CameraNurul Amanah
Kamis 06 Oktober 2022 00:02 WIB
Melanie Putria Ceritakan Pengalamannya soal Olahraga, Bantu Atasi Mental Health
Melanie Putria Ceritakan Pengalamannya soal Olahraga, Bantu Atasi Mental Health. (Foto:celebrities.id/Instagram @melanieputria)

JAKARTA, celebrities.id - Olahraga menjadi hal yang begitu melekat dalam kehidupan Melanie Putria. Putri Indonesia 2002 itu memang sudah menjadikan olahraga sebagai bagian dari hidupnya.

Tentu saja untuk sampai pada titik di mana dirinya tak terpisahkan dari rutinitas berolahraga, banyak hal yang telah dilaluinya. Termasuk sampai harus menemukan kebiasaan berolahraga itu saat mengalami gangguan kesehatan mental. Wanita 40 tahun itu menyebut, berbagai permasalahan yang terjadi di fase kehidupannya, seolah ditemukan jawabannya lewat olahraga. Dia merasa terselamatkan berkat kebiasaan baru yang ditemukannya itu.

"Semua sesi hidup saya, terutama saat saya berada di titik terendah dalam hidup saya, kebanyakan diselamatkan oleh olahraga," ujar Melanie saat dijumpai di peluncuran "AXA Mandiri FIT Challenge", Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022)

Salah satu permasalahan kehidupan yang telah dilaluinya adalah ketika ia mengalami gangguan kesehatan mental, baby blues paska melahirkan anak pertamanya. Kala itu, terjadi perubahan emosi yang begitu signifikan sehingga membuatnya sampai tak mengenali dirinya sendiri.

"Waktu saya kena baby blues syndrome, anak saya nangis, saya ikut nangis. saya merasa ngga berguna, merasa jelek, merasa salah semuanya. Saat itu sampai saya merasa bahwa saya tidak akan kembali menjadi Melati Putria seperti sebelumnya," ujarnya

Namun, perlahan dia menyadari bahwa membiarkan kondisi tersebut berlarut-larut hanya akan menghancurkan hidupnya.

"Tapi saya tau, kalau saya berhenti disini, saya akan semakin hancur. Pilihannya ada pada saya," katanya.

Entah mendapat pencerahan dari mana, tiba-tiba saja Melanie melihat postingan twitter komunitas lari Indo Runners yang kala itu sedang membagikan momen-momen berbahagia ketika sedang berlari. Ingin merasakan hal serupa, Melanie pun bertekad akan turut mencobanya.

"Saya lihat foto-foto itu dan saya bilang ke diri saya, saya pengen kayak mereka," tuturnya.

Bak gayung bersambut, pertama kali mencoba, Melanie langsung dibuat jatuh cinta. Dia merasa telah menemukan apa yang selama ini dicarinya. Seketika permasalahan baby blues yang dihadapinya berangsur-angsur membaik dan dia mulai menjalani aktivitasnya kembali seperti dulu. Ketika harus kembali bertemu anaknya, dia pun akhirnya sudah siap menghadapinya dan tahu apa yang harus dilakukannya.

"Ketika saya selesai lari, semua kebahagiaan muncul. Hormon endorfin terproduksi, saya jadi lebih confident, lebih happy, lebih positif pikirannya. Saya pulang ke rumah ketemu anak saya, saya udah siap untuk stand by. Jadi relate banget olahraga dan manfaatnya untuk kehidupan saya," katanya.

Melalui kisahnya itu, dia berharap semua orang yang mengalami permasalahan serupa dapat menemukan jawaban yang sama melalui olahraga. Lebih lanjut Melanie ingin masyarat menilai bahwa olahraga merupakan salah satu kebiasaan baik yang tak hanya memiliki segudang manfaat, tapi bisa membawa kebahagiaan bagi yang menjalankannya sehingga dapat membuat seseorang sehat lahir dan batinnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra