Melihat Katak Terbang dengan Magnet, China Bangun Fasilitas Penelitian Bulan Buatan

Intan Rakhmayanti Dewi
Selasa 18 Januari 2022 15:34 WIB
Melihat Katak Terbang dengan Magnet, China Bangun Fasilitas Penelitian Bulan Buatan
Ilmuwan China membangun fasilitas penelitian bulan buatan. (Foto: celebrities.id/okezone ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Ilmuwan China membangun fasilitas penelitian bulan buatan yang memungkinkan para peneliti mensimulasikan lingkungan gravitasi rendah menggunakan magnet. Fasilitas tersebut akan diluncurkan resmi tahun ini.

Melansir laman Space, Selasa (18/1/2022), ruangan untuk bulan buatan itu akan menggunakan medan magnet yang kuat di dalam ruang vakum berdiameter 2 kaki (60 sentimeter) untuk membuat gravitasi "menghilang".

Li Ruilin, seorang insinyur geoteknik di Universitas Pertambangan dan Teknologi China, mengatakan kepada South China Morning Post bahwa ruangan itu  akan diisi dengan batu dan debu untuk meniru permukaan bulan.

Ia mengatakan fasilitas itu adalah yang pertama dari jenisnya di dunia, dan  bisa mempertahankan kondisi gravitasi rendah seperti yang diinginkan.

Para ilmuwan berencana untuk menggunakan fasilitas itu untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah yang berkepanjangan sebelum dikirim ke bulan, di mana gravitasi hanya seperenam dari yang ada di Bumi.

 

1
/
2