Menang atas Senegal 2-0, Frenkie De Jong Sebut Belanda Main Buruk

Icon CameraAndhika Khoirul Huda
Selasa 22 November 2022 08:51 WIB
Menang atas Senegal 2-0, Frenkie De Jong Sebut Belanda Main Buruk
Frenkie de Jong sebut permainan Belanda buruk. (Foto: celebrities.id/Instagram @frenkiedejong)

AL THUMAMA, celebrities.id РGelandang Tim Nasional (Timnas) Belanda, Frenkie De Jong, tak ragu menyebut timnya bermain buruk saat laga kontra Senegal. 

Ya, Timnas Belanda memang menang dengan skor 2-0 atas Timnas Senegal dalam laga pertama mereka di Grup A Piala Dunia 2022. Namun, hal itu tidak menutupi fakta bahwa Belanda sangat buruk menguasai bola, terutama di babak pertama, dan bahkan de Jong mengakui dirinya sendiri tampil kurang bagus pada pertandingan tersebut.

Pertandingan yang digelar di Al Thumama Stadium, Al Thumama, Qatar, Senin (21/11/2022) dini hari WIB itu memperlihatkan Oranje –julukan Timnas Belanda- cukup kerepotan saat meladeni Senegal. Negara asal Sadio Mane itu cukup sering mengandalkan serangan-serangan balik. Bahkan, di babak pertama sang juara Piala Afrika 2022 justru lebih dominan menguasai permainan.

Namun, Memphis Depay dan kolega mampu tampil lebih baik di babak kedua. Hasilnya, mereka sukses membukukan dua gol telat via tandukan Cody Gakpo (84’) dan sepakan Davy Klaassen (90+9’).

Kendati menang, De Jong menilai Belanda bermain buruk melawan Lions of Teranga –julukan Senegal. Bahkan menurut penggawa Barcelona itu, dirinya sendiri tampil di bawah standard.

"Kami rata-rata, kami tidak bermain bagus, tapi kami juga tidak melewatkan kesempatan. Saya pikir permainan saya sendiri ceroboh,” kata De Jong dilansir dari Mirror, Selasa (22/11/2022).

Meski begitu, pemain berusia 25 tahun itu menyebut Oranje memang pantas menang dalam laga ini. Menurutnya, mereka tampil sangat efisien tetapi sangat buruk dalam penguasaan bola, terutama di babak pertama.

“Apakah itu kemenangan yang efisien? Tentu saja. ¬†Kami bermain dengan penguasaan bola yang buruk di babak pertama, tetapi kami menciptakan lima peluang,” ucap mantan gelandang Ajax Amsterdam itu.

"Itu lebih seimbang di babak kedua. Kami menciptakan satu peluang dan mencetak dua gol dan, sejujurnya, saya tenang. Saya selalu merasa kami akan mencetak gol, jadi itu pantas meskipun kami buruk dalam penguasaan bola,” ujarnya.

Dengan hasil tersebut, tim besutan Louis Van Gaal itu sementara duduk di puncak klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Mereka memiliki angka yang sama dengan Ekuador yang menempel di posisi kedua usai mengalahkan tuan rumah, Qatar, di laga pembuka juga dengan skor yang identik, yakni 2-0.

Selanjutnya, Belanda akan berhadapan dengan Ekuador dalam laga kedua Grup A Piala Dunia 2022. Pertandingan itu dijadwalkan berlangsung pada Jumat (25/11/2022) pukul 23.00 WIB di Khalifa International Stadium, Doha.

Editor : Lisvi Padlilah